Pengembangan virtual laboratory trainer karakteristik generator DC untuk menunjang mata kuliah mesin-mesin listrik bagi mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Muchamad Lukman

Lukman, Muchamad (2018) Pengembangan virtual laboratory trainer karakteristik generator DC untuk menunjang mata kuliah mesin-mesin listrik bagi mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Muchamad Lukman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lukman, Muchamad. 2018. Pengembagan Virtual Laboratory Trainer Karakteristik Generator DC Untuk Menunjang Matakuliah Mesin-Mesin Listrik bagi Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) M Rodhi Faiz, S.T., M.T. (2) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Virtual laboratory trainer, Generator DC. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, berupa wawancara dengan dosen pembina matakuliah Mesin-Mesin Listrik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang masih kurangnya trainer generator DC dan penggunaan alat ukur yang terlalu banyak membuat proses praktikum membutuhkan waktu yang cukup lama. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) merancang dan membuat virtual laboratory trainer karakteristik generator DC, (2) membuat bahan ajar virtual laboratory trainer karakteristik generator DC, (3) mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran virtual laboratory trainer karakteristik generator DC. Model pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Proses validasi dilaksanakan oleh ahli materi, ahli media, dan melakukan implementasi pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Validasi bertujuan untuk mengukur kelayakan produk yang dikembangkan. Bahan ajar yang dihasilkan berupa handout dan jobsheet virtual laboratory trainer karakteristik generator DC. berdasarkan hasil uji coba diperoleh persentase dari tiap-tiap subyek uji coba sebagai berikut: (1) pada ahli materi, diperoleh persentase sebesar 86,67% (2) pada ahli media, diperoleh persentase sebesar 87,50% (3) pada kelompok kecil, diperoleh persentase sebesar 89,78% (4) dan pada kelompok besar, diperoleh persentase sebesar 92,17%. Dari hasil validasi dan uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran virtual laboratory trainer karakteristik generator DC untuk menunjang matakuliah Mesin-Mesin Listrik bagi mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Malang sudah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47896

Actions (login required)

View Item View Item