Kontribusi sikap kerja dan cara penggunaan sarana praktikum terhadap kompetensi praktikum instalasi penerangan listrik pada siswa kelas XI TITL di SMK Kota Blitar / M. syamsul Rizal Fauzi

Fauzi, M. Syamsul Rizal (2018) Kontribusi sikap kerja dan cara penggunaan sarana praktikum terhadap kompetensi praktikum instalasi penerangan listrik pada siswa kelas XI TITL di SMK Kota Blitar / M. syamsul Rizal Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauzi, Rizal. 2017. Kontribusi Sikap Kerja Dan Cara Penggunaan Sarana Praktikum Terhadap Kompetensi Praktikum Instalasi Penerangan Listrik Pada Siswa Kelas XI TITL di SMK Kota Blitar. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Setiadi C.P. M.Pd., M.T, (2) Drs. Dwi Prihanto S.S.T.,M.Pd Kata Kunci: Kontribusi, Sikap Kerja, Cara Penggunaan Sarana, Kompetensi Praktikum Pendidikan merupakan faktor yang penting terutama dalam mewujudkan suatu negara yang berkualitas. Upaya tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas lulusan pada jenjang SMK. Salah satu caranya yaitu dengan memperhatikan faktor yang mempengaruhi hasil belajar, seperti Sikap Kerja ( ) dan Cara Penggunaan Sarana Praktikum ( ) dengan Kompetensi Praktikum Instalasi Penerangan Listrik (Y) pada siswa kelas XI TITL di SMK Kota Blitar baik secara persial maupun secara simultan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan sikap kerja, cara penggunaan sarana praktikum, dan kompetensi praktikum instalasi penerangan listrik, (2) Mengungkap signifikansi hubungan antara dengan Y, (3) Mengungkap signifikansi hubungan antara terhadap y, (4) Mengungkap signifikansi hubungan antara dan secara simultan terhadap Y, dan (5) Mengetahui Seberapa Besar Kontribusi dan terhadap Y. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional.. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL Di SMK Kota Blitar terdiri dari 235 siswa, dengan penentuan sampel menggunakan nomogram harry king didapatkan sampel sebanyak 140 siswa. Untuk mengukur variabel dan yaitu berupa angket tertutup, dan untuk variabel Y menggunakan nilai dokumentasi dari guru. Variabel memiliki tingkat reliabiltas sebesar 0,755, dan variabel memiliki tingkat reliabilitas sebesar 0,754. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda, analisis uji prasyarat, dan analisis sumbangan efektif-relatif menggunakan bantuan SPSS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) Sikap Kerja (X1) siswa kelas XI TITL SMK Kota Blitar dalam kategori tinggi yaitu sebesar 93 siswa (66,4%), (2) cara penggunaan sarana praktikum (X2) siswa kelas XI TITL SMK Kota Blitar dalam kategori tinggi yaitu sebesar 83 siswa (59,3%), (3) kompetensi Praktikum Instalasi Penerangan Listrik (Y) siswa kelas XI TITL SMK Kota Blitar dalam kategori sangat tinggi sebesar 127 siswa (90,7%), (4) kontribusi (X1 terhadap Y) sebesar 45,3% dan (X2 terhadap Y) sebesar 1,97%, dengan 52,73% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian, dan (5) Sumbangan efektif terhadap kriterium sebesar 47,27%, dan 52,73% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47893

Actions (login required)

View Item View Item