Pengembangan bahan ajar e-learning matakuliah rangkaian listrik DC terkait metode analisis rangkaian listrik DC untuk mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Alfiantin Noor Azhiimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar e-learning matakuliah rangkaian listrik DC terkait metode analisis rangkaian listrik DC untuk mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Alfiantin Noor Azhiimah

Azhiimah, Alfiantin Noor (2018) Pengembangan bahan ajar e-learning matakuliah rangkaian listrik DC terkait metode analisis rangkaian listrik DC untuk mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Alfiantin Noor Azhiimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azhiimah Alfiantin Noor. 2017. Pengembangan Bahan Ajar E-Learning Mata Kuliah Rangkaian Listrik DC Terkait Metode Analisis Rangkaian Listrik DC untuk Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci Bahan Ajar E-learning Bahan ajar merupakan segala bentuk bahan yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil observasi di Jurusan Teknik Elektro dan wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah Rangkaian Listrik DC diketahui (1) konten untuk matakuliah Rangkaian Listrik DC pada e-learning belum tersedia (2) bahan ajar yang tersedia berupa bahan ajar cetak yaitu buku teks dan modul. dan (3) pada proses pembelajaran mahasiswa umumnya masih kesulitan dalam mempelajari konsep analisis rangkaian Bahan ajar e-learning dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Sadiman. Model pengembangan Sadiman terdiri dari 8 langkah yaitu 1) identifikasi kebutuhan 2) perumusan tujuan 3) perumusan butir-butir materi 4) perumusan alat pengukur keberhasilan 5) penulisan naskah media 6) uji coba 7) revisi dan 8) naskah siap diproduksi. Hasil dari pengembangan ini yaitu bahan ajar e-learning berupa modul video dan kuis. Bahan ajar yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli 1 dan ahli 2 serta diujicobakan kepada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil angket didapatkan nilai presentase validitas modul oleh ahli 1 yaitu sebesar 99% (sangat valid) ahli 2 sebesar 90 38% (sangat valid) uji kelompuk kecil sebesar 86 16% (sangat valid) dan uji coba kelompok besar sebesar 87 83% (sangat valid). Sedangkan nilai presentase validitas video oleh ahli 1 yaitu sebesar 98 43% (sangat valid) ahli 2 sebesar 93 75% (sangat valid) uji kelompuk kecil sebesar 86 14%(sangat valid) dan uji coba kelompok besar sebesar 88 31%(sangat valid). Berdasarkan hasil tersebut bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47891

Actions (login required)

View Item View Item