Kurniawati, Helen (2018) Pengembangan trainer penguat operasional untuk menunjang praktikum pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Audio Video / Helen Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iv ABSTRAK Kurniawati Helen. 2017. Pengembangan Trainer Penguat Operasional Untuk Menunjang Praktikum Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika SMK Program Keahlian Teknik Audio Video. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suwasono M.T. (II) Drs. Slamet Wibawanto M.T. Kata Kunci Trainer Penerapan Rangkaian Elektronika Penguat Operasional. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti pada kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika pada program keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Jetis terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran yaitu (1) siswa-siswa mengalami keterbatasan media yaitu tidak adanya trainer penguat operasional (2) efektifitas waktu praktikum yang masih kurang sehingga pembelajaran kurang optimal. Materi penguat operasional pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika perlu dioptimalkan proses pembelajarannya agar para siswa memiliki pemahaman yang kuat dan mendasari pemahaman untuk materi penguat operasional pada tingkat universitas atau dunia kerja. Solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi pada SMK Negeri 1 Jetis terutama pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika materi penguat operasional adalah mengembangkan Trainer Penguat Operasional untuk menunjang praktikum pada mata pelajaran tersebut. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE adapun langkah pengembangannya adalah (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah Trainer Penguat Operasional dan jobsheet. Pengembangan trainer mengacu pada aspek ergonomi dan kriteria pemilihan media pembelajaran yang baik. Sedangkan pengembangan jobsheet mengacu pada aspek kelayakan isi aspek kelayakan bahasa aspek kelayakan penyajian dan aspek kelayakan kegrafikan. Produk yang dihasilkan telah diuji kelayakannya oleh ahli 1 dan ahli 2 serta peserta didik. Hasil uji kelayakan trainer mendapatkan persentase dari ahli 1 sebesar 98% dan ahli 2 sebesar 98% serta peserta didik sebesar 93%. Uji kelayakan jobsheet mendapatkan persentase dari ahli 1 sebesar 94% dan ahli 2 sebesar 100% serta peserta didik sebesar 89%. Berdasarkan hasil pengembangan produk trainer dan jobsheet dapat disimpulkan bahwa trainer dan jobsheet telah sesuai dengan aspek-aspek yang dijadikan acuan peneliti dalam mengembangkan produk tersebut. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis skor yang diperoleh saat pengujian produk sehingga trainer dan jobsheet penguat operasional untuk menunjang praktikum pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika kelas XI SMK program keahlian Teknik Audio Video dinyatakan sangat valid layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |