Penciptaan suasana belajar pada pelaksanaan program pelatihan otomotif sepeda motor di UPT Pelatihan Kerja Singosari-Malang Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur / Siska Mida Risifa Lutviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penciptaan suasana belajar pada pelaksanaan program pelatihan otomotif sepeda motor di UPT Pelatihan Kerja Singosari-Malang Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur / Siska Mida Risifa Lutviana

Lutviana, Siska Mida Risifa (2010) Penciptaan suasana belajar pada pelaksanaan program pelatihan otomotif sepeda motor di UPT Pelatihan Kerja Singosari-Malang Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur / Siska Mida Risifa Lutviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lutviana Siska Mida Risifa. 2009. Penciptaan Suasana Belajar dalam Pelaksanaan Program pelatihan Sepeda Motor di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPTPK) Singosari. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 Prof Drs. M Saleh Marzuki Pembimbing 2 Drs. M. A. Prawoto M.Pd. Kata kunci penciptaan suasana belajar pelatihan sepeda motor . Fokus penelitian (1) bagaimana persepsi instruktur terhadap penciptaan suasana belajar (2) bagaimana cara instruktur menciptakan suasana belajar yang kondusif (3) bagaimana gambaran suasana belajar yang terjadi secara umum pada peristiwa-peristiwa dan kegiatan belajar yang dilaksanakan (4) Apa yang menjadi pendukung dan penghambat penciptaan suasana belajar yang kondusif. Dalam menjawab rumusan masalah tersebut penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisa data menggunakan pendekatan teori/pendapat dari para ahli tentang pelatihan dan penciptaaan suasana belajar. Sebelumnya melalui tahap reduksi data display data dan verifikasi/ mengambil kesimpulan. Pengecekan data menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi kecukupan referensial. Hasil analisis data dalam penelitian ini Instruktur pelatihan Sepeda Motor belum memahami pentingnya suasana belajar bagi peserta pelatihan hal ini di upayakan untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta pelatihan. Dipastikan bahwa instruktur belum dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dalam pelaksanaan pelatihan sepeda motor di UPTPK Singosari. Suasana belajar dalam pelatihan otomotif sepeda motor hendaknya tidak hanya mengacu pada lingkungan fisik saja tetapi lingkungan sosial dalam pelatihan harus disesuaikan. Menata lingkungan belajar pada hakekatnya melakukan pengelolaan lingkungan belajar. Suasana belajar yang baik disini dapat disimpulkan bahwa dimana suasana belajar tersebut dapat membangkitkan gairah belajar peserta pelatihan artinya suasana belajar harus mampu memotivasi peserta pelatihan dalam belajar. Suasana belajar Lingkungan fisik ini meliputi saran prasarana pembelajaran yang di miliki sekolah seperti lampu fentilasi bangku dan tempat duduk yang sesuai untuk siswa dan lain sebagainya. Lingkungan sosial yang baik memungkinkan para siswa untuk berinteraksi secara baik siswa dengan siswa guru dengan siswa guru dengan guru atau guru dengan karyawan dan siswa dengan karyawan serta secara umum interaksi antar personil. Faktor pendukung dan penghambat penciptaan suasana belajar pada proses belajar mengajar faktor pendukungnya yaitu inti dari pada proses pelatihan secara keseluruhan dengan instruktur (pendidik) sebagai pemegang peranan utama. Faktor penghambatnya yaitu dalam posisi sebagai pembelajar yang seringkali mendengarkan mengamati dan menilai cara pengajar dalam menyampaikan materi bahkan yang paling ekstrim apabila peserta pelatihan tidak menyukai cara pengajar mengajar baik karena sulit dimengerti ataupun karena faktor bosan seringkali mengabaikannya masuk telinga kiri dan keluar telinga kanan. Faktor pengajar dalam proses kegiatan belajar-mengajar memang sangat berpengaruh sekali terhadap motivasi pembelajaran meski memang ada juga siswa yang mandiri yang tidak terpengaruh terhadap faktor pengajar karena dia mau belajar sendiri. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa saran (1) kepada pihak instruktur diharapkan agar dapat memaksimalkan lagi penciptaan suasana belajar dalam pelaksanaan pelatihan sepeda motor di UPTPK Singosari dalam upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta pelatihan baik dalam penciptaan suasana belajar fisik maupun non fisik (2) instruktur diharapkan mampu memberikan penyegaran di sela-sela proses pembelajaran seperti mengadakan permainan (ice breaking) hal ini sangat berguna untuk mengatasi kejenuhan dalam proses belajar mengajar (3) juga diharapkan suasana kekeluargaan antara pimpinan staf trainer dan peserta pelatihan perlu dijalin dan lebih ditingkatkan agar para peserta pelatihan bisa lebih berkonsentrasi pada pembelajaran sehingga akan tercipta suasana pembelajaran yang kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4789

Actions (login required)

View Item View Item