Fuadatuzzahro, Fikrotu Dwi (2018) Pengaruh perbedaan model pembelajaran problem posing dipadu dengan blended learning dan model pembelajaran problem posing dipadu dengan e-learning terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI SMK Islam Blitar mata pelajaran Rancang bangun Jaringan / Fikrotu Dwi F. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Fuadatuzzahro Fikrotu Dwi. 2017. Pengaruh Perbedaan Model Pembelajaran Problem Posing Dipadu Dengan Blended Learning Model PembelajaranProblem Posing Dipadu Dengan ELearningTerhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XISMK Islam Blitar Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeriMalang.Pembimbing (I) Dr.Ir.H. Syaad Patmanthara M.Pd (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata kunci Problem Posing Blended Learning E-Learning Keaktifan belajar HasilBelajar Rancang Bangun Jaringan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMK Islam Blitar pada siswa kelas XI TKJ mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan adalah sebagai berikut (1) guru masih menggunakan metode ceramah (2) siswa terpaku pada penjelasan guru dan cenderung pasif (3) belum dimanfaatkannya sarana prasarana secara maksimal (4) keaktifan siswa rendah sehingga menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Berdasarkan hasil observasi diatas agar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa serta tercapainya tujuan pembelajaran dalam mata pembelajaran rancang bangun jaringan maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing dipadu dengan Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan model pembelajaran problem posing dipadu dengan blended learning dan model pembelajaran problem posing dipadu dengan E-Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Islam Blitar. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pola Pretest Posttest Control Group Desain. Dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dengan diberi pembelajaran Problem Posing Dipadu Dengan Blended Learning dan kelas eksperimen 2 yang diberi pembelajaran Problem Posing Dipadu Dengan E-Learning. Instrumen yang digunakan adalah tes bentuk pilihan ganda dan lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa. Sebelum instrumen tes digunakan perlu diuji terlebih dahulu dengan menggunakan uji validitas dan reabiltas. Analisis data menggunakan uji t. Data hasil perhitungan nilai pengetahuan diperoleh nilai hitung sebesar 2 603 dengan nilai signifikansi sebesar 0 012 0 05. Data hasil perhitungan nilai sikap memiliki signifikansi sebesar 0 032 0 05. Data hasil perhitungan nilai keterampilan memiliki signifikansi sebesar 0 023 0 05. Serta data hasil perhitungan nilai keaktifan memiliki signifikansi sebesar 0 043 0 05. Maka dapat dikatakan bahwa nilai signifikansi 0 05. Hal tersebut menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehigga dengan demikian terdapat pengaruh perbedaanmodel pembelajaran problem posing dipadu dengan blended learning model pembelajaran problem posing dipadu dengan E-Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Islam Blitar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |