Pengembangan bahan ajar e-learning mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri / Irfan Miftaufani Hakim

Hakim, Irfan Miftaufani (2018) Pengembangan bahan ajar e-learning mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri / Irfan Miftaufani Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Hakim, Irfan Miftaufani. 2017. Pengembangan Bahan Ajar E-Learning Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol Kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Kata Kunci: Bahan Ajar, E-Learning, Perekayasaan Sistem Kontrol Perekayasaan Sistem Kontrol merupakan salah satu mata pelajaran yang ditempuh oleh siswa kelas XI SMK program keahlian Teknik Elektronika Industri. Berdasarkan silabus mata pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol Kurikulum 2013, kontrol menggunakan mikrokontroler dengan pemrograman bahasa C termasuk dalam salah satu materi pokok yang dibahas. Pada pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol di SMK Negeri 2 Singosari masih belum ada bahan ajar mengenai materi tersebut yang dapat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri, bahan ajar yang tersedia hanya berupa jobsheet. Guru mata pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol di SMK Negeri 2 Singosari membutuhkan adanya bahan ajar yang membahas mengenai kontrol menggunakan mikrokontroler ATmega16 dengan pemrograman bahasa C. Bahan ajar yang dibutuhkan, yaitu bahan ajar yang dapat digunakan untuk belajar secara mandiri oleh siswa. Bahan ajar yang dipandang sesuai dengan kebutuhan tersebut, yaitu modul dengan dilengkapi video simulasi untuk mempermudah siswa dalam mempelajari materi-materi yang dipelajari. Berdasarkan kebutuhan tersebut, dikembangkan bahan ajar e-learning yang terdiri dari modul berbentuk file pdf dan video simulasi yang berbentuk file MP4. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Sadiman. Langkah-langkah pokok penelitian pengembangan yang akan menghasilkan produk, yaitu: (1) Identifikasi kebutuhan, (2) Perumusan Tujuan, (3) Perumusan butir-butir materi, (4) Perumusan alat pengukur keberhasilan, (5) Penulisan naskah media, (6) Tes/uji coba, (7) Revisi, dan (8) Naskah siap produksi. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing, guru mata pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol dan diuji coba kepada siswa. Hasil validasi dan uji coba tersebut meliputi: 1) Dosen Pembimbing, menyatakan modul Perekayasaan Sistem Kontrol kelas XI valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar, 2) Guru mata pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol, menyatakan modul Perekayasaan Sistem Kontrol kelas XI valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar, 3) Uji coba kelompok kecil, menyatakan modul Perekayasaan Sistem Kontrol kelas XI valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar, dan 4) Uji coba kelompok besar, menyatakan modul Perekayasaan Sistem Kontrol kelas XI valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47886

Actions (login required)

View Item View Item