Pengembangan bahan ajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika bermuatan problem solving berbasis e-learning di SMKN 2 Probolinggo / R. Nandy Pratama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika bermuatan problem solving berbasis e-learning di SMKN 2 Probolinggo / R. Nandy Pratama Putra

Putra, R. Nandy Pratama (2018) Pengembangan bahan ajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika bermuatan problem solving berbasis e-learning di SMKN 2 Probolinggo / R. Nandy Pratama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Putra R.Nandy Pratama. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Bermuatan Problem Solving Berbasis ELearning di SMKN 2 Probolinggo. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (2) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci Bahan ajar Problem Solving E-learning Dasar Listrik dan Elektronika. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan atau materi yang disusun secara sistematis yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Problem solving adalah model pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah. E-learning adalah pembelajaran yang memanfaatkan jaringan internet sehingga tercipta sebuah ruang belajar online yang menghubungkan antara guru dengan siswa untuk mengatasi keterbatasan dalam hal waktu ruang kondisi dan keadaan saat pembelajaran di sekolah. Mata pelajaran dasar listrik dan elektronika merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada siswa kelas X SMK program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Mata pelajaran tersebut hanya diberikan pada dua semester awal sehingga siswa harus benar - benar mampu memahami dasar dari materi tersebut. Tujuan dari penelitian pengembangan adalah (1) merancang bahan ajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika berbasis e-learning untuk siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (2) mengembangkan bahan ajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika berbasis e-learning untuk siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (3) menguji kelayakan bahan ajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika berbasis e-learning untuk siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian berbentuk model ADDIE dimana dalam model ini terdapat lima tahapan yakni (1) Analysis dalam tahap ini target pembelajaran nya ditentukan (2) Design menentukan strategi pembelajaran yang sesuai (3) Development desain yang dilakukan pada tahap sebelumnya ditindak lanjuti dalam tahap pengembangan (4) Implementation berarti pelaksanaan atau penerapan dari beberapa tahap sebelumnya (5) Evaluation bertujuan untuk mengetahui keberhasilan dari suatu rencana pembelajaran. Bahan ajar ini telah divalidasi oleh ahli 1 dan ahli 2 serta telah diuji cobakan kepada siswa kelas X di SMKN 2 Probolinggo melalui uji kelayakan. Kelayakan bahan ajar diketahui berdasarkan hasil angket. Hasil angket oleh ahli 1 sebagai uji kelayakan materi memperoleh persentase sebesar 91 47% (sangat valid) ahli 2 sebagai uji kelayakan media memperoleh persentase sebesar 91 92% (sangat valid) dan uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 88 95 (sangat valid). Berdasarkan skor tersebut bahan ajar dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47885

Actions (login required)

View Item View Item