Pengembangan bahan ajar digital pembangkit listrik tenaga air untuk mata kuliah pembangkit tenaga listrik di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Faiz Syaikhoni Aziz

Aziz, Faiz Syaikhoni (2018) Pengembangan bahan ajar digital pembangkit listrik tenaga air untuk mata kuliah pembangkit tenaga listrik di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Faiz Syaikhoni Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aziz, Faiz Syaikhoni. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Digital Pembangkit Listrik Tenaga Air untuk Matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) A. N. Afandi, S.T.,M.T.,Ph.D. (2) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. Kata Kunci : Bahan Ajar Digital, Pembangkit Listrik Tenaga Air Pembangkit Listrik Tenaga Air merupakan jenis-jenis pembangkit yang dibahas pada matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Berdasarkan observasi pada dosen pengampu dan mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik, diketahui bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran yaitu power point. Bahan ajar yang memanfaatkan laptop atau smartphone lebih dikenal dengan sebutan bahan ajar digital. Keunggulan dari bahan ajar digital yaitu dapat menampilkan unsur media secara lengkap (multimedia) seperti gambar, animasi, audio, video, grafik sehingga dapat meningkatkan daya tarik dan minat mahasiswa untuk mempelajari materi dalam bahan ajar tersebut. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) merancang bahan ajar digital Pembangkit Listrik Tenaga Air untuk matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, (2) mengembangkan bahan ajar digital Pembangkit Listrik Tenaga Air untuk matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, dan (3) menguji kelayakan bahan ajar digital Pembangkit Listrik Tenaga Air untuk matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Tahap-tahap yang dilakukan antara lain: (1) analyze, (2) design, (3) develop, (4) implement, dan (5) evaluate. Hasil dari pengembangan bahan ajar ini berupa modul dan video pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli serta telah diuji cobakan kepada mahasiswa melalui uji kelayakan. Kelayakan bahan ajar diketahui berdasarkan hasil angket. Hasil uji validasi modul oleh ahli memperoleh persentase sebesar 90.73% (sangat valid), hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 93.25% (sangat layak), dan hasil uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 87.98% (sangat layak). Sedangkan hasil validasi video pembelajaran oleh ahli memperoleh persentase sebesar 93.22% (sangat valid), hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 92.27% (sangat layak), dan hasil uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 88.6% (sangat layak). Berdasarkan skor tersebut, modul dan video pembelajaran dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47884

Actions (login required)

View Item View Item