Pengembangan trainer fuzzy logic berbasis labview untuk mata kuliah sistem cerdas Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Lutfi Mahardika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer fuzzy logic berbasis labview untuk mata kuliah sistem cerdas Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Lutfi Mahardika

Mahardika, Lutfi (2018) Pengembangan trainer fuzzy logic berbasis labview untuk mata kuliah sistem cerdas Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Lutfi Mahardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mahardika Lutfi. 2017. Pengembangan Trainer Fuzzy Logic berbasis LabVIEW pada Mata Kuliah Sistem Cerdas S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eng. Anik Nur Handayani S.T. M.T. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom . Kata Kunci pengembangan trainer fuzzy logic LabVIEW. Mata kuliah Sistem Cerdas merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro FT UM. Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah secara umum pembelajaran yang telah dilakukan dirasa belum efektif karena belum ada trainer fuzzy logic di mata kuliah tersebut. Berdasarkan wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah Sistem Cerdas belum ada media pembelajaran untuk menunjang kegiatan praktikum pada mata kuliah Sistem Cerdas. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka dibutuhkan trainer fuzzy logic untuk mata kuliah Sistem Cerdas. Trainer yang dihasilkan berupa implementasi fuzzy logic pada sistem light tracking. Software LabVIEW berperan untuk membantu pemrograman dan monitoring data pada trainer. Model pengembangan trainer ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu 1) analisis 2) desain 3) development 4) implementasi dan 5) evaluasi. Dari hasil pengembangan didapatkan hasil validasi ahli materi sebesar 97 5% ahli media sebesar 95% uji coba kelompok kecil sebesar 91% uji coba kelompok besar sebesar 87%. Berdasarkan kriteria validitas hasil uji coba produk dapat dinyatakan sangat valid untuk digunakan dalam kegiaatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47883

Actions (login required)

View Item View Item