Pengembangan trainer komunikasi serial RS232 dengan sensor pada mata kuliah Sistem Antarmuka Komputer Lanjut Jurusan Elektro Universitas Negeri Malang / Astri Nurlita

Nurlita, Astri (2018) Pengembangan trainer komunikasi serial RS232 dengan sensor pada mata kuliah Sistem Antarmuka Komputer Lanjut Jurusan Elektro Universitas Negeri Malang / Astri Nurlita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurlita, A. 2017. Pengembangan Trainer Komunikasi Serial RS232 dengan Sensor Pada Mata Kuliah Sistem Antarmuka Komputer Lanjut Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suwasono, M.T., (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata Kunci: media pembelajaran, trainer, sensor Secara umum, media pembelajaran dapat diartikan sebagai alat komunikasi dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penggunaan alat bantu berupa media pembelajaran dalam bentuk trainer untuk menyampaikan materi pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan bagi peserta didik dalam memahami secara mendalam materi yang diajarkan. Pada Katalog 2014 Jurusan Teknik Elektro Program Studi D3 Teknik Elektronika, mata kuliah Sistem Antarmuka Komputer Lanjut merupakan mata kuliah wajib untuk program studi D3 Elektronika. Terdapat 9 kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa, salah satunya adalah mahasiswa dapat memperjelas dan menerapkan antarmuka PC dengan sensor. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan dosen pengampu matakuliah, trainer antarmuka PC dengan sensor masih belum tersedia sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang sesuai agar kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa dapat tercapai. Trainer antarmuka PC yang akan dikembangkan menggunakan komunikasi serial RS232 dengan beberapa jenis sensor sebagai masukan yaitu: (1) sensor suhu, (2) sensor arus, (3) sensor ultrasonik, (4) sensor berat, dan (5) sensor kelembapan. Pengembangan trainer yang akan dilakukan menggunakan model pengembangan Sadiman. Model pengembangan Sadiman memiliki 8 tahap antara lain : 1) identifikasi kebutuhan, 2) perumusan tujuan, 3) perumusan butir-butir materi, 4) perumusan alat ukur keberhasilan, 5) penyusunan media, 6) tes/uji coba, 7) revisi, dan 8) produk siap. Hasil pengembangan berupa: (1) trainer komunikasi serial RS232 dengan sensor, (2) manual book trainer, (3) buku petunjuk pelaksanaan pembelajaran bagi dosen, dan (4) jobsheet komunikasi serial RS232 dengan sensor. Pengujian produk dilakukan tiga kali uji coba yaitu uji satu lawan satu, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Hasil uji satu lawan satu dengan tingkat validitas sebesar 92,11%, uji kelompok kecil dengan tingkat validitas sebesar 90,53%, dan uji lapangan dengan tingkat validitas sebesar 88,52%. Berdasarkan hasil tersebut, trainer komunikasi serial RS232 dengan sensor, manual book, dan jobsheet komunikasi serial RS232 dengan sensor dinyatakan sangat valid atau layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47881

Actions (login required)

View Item View Item