Pengembangan modul digital interaktif gambar teknik elektro dengan mengintegrasikan CTL untuk meningkatkan kompetensi menggambar pada mahasiswa Prodi SI Pendidikan Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Risang Suryandaru - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul digital interaktif gambar teknik elektro dengan mengintegrasikan CTL untuk meningkatkan kompetensi menggambar pada mahasiswa Prodi SI Pendidikan Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Risang Suryandaru

Suryandaru, Risang (2018) Pengembangan modul digital interaktif gambar teknik elektro dengan mengintegrasikan CTL untuk meningkatkan kompetensi menggambar pada mahasiswa Prodi SI Pendidikan Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Risang Suryandaru. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suryandaru Risang. 2017. Pengembangan Modul Digital Interaktif Gambar Teknik Elektro Dengan Mengintergrasikan CTL Untuk Meningkatkan Kompetesi Menggambar Pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi C.P. M.Pd. M.T. (II) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci Modul Digital Interaktif Gambar Teknik CTL ADDIE Pengembangan Borg Garl Berdasarkan hasil wanawancara dengan dosen pengampu mata kuliah Gambar Teknik Jurusan Elektro Universitas Negeri Malang (Drs. Hari Putranto M.Pd). Mahasiswa sekarang menuntut menuntut lebih banyak waktu yang berkualitas untuk bisa berdiskusi dan memahami perkuliahan. Karena keterbatasan waktu perkuliahan alternatifnya adalah dikembangkan bahan ajar modul digital interaktif yang bisa memberi banyak waktu dan kesempatan mahasiswa untuk berdiskusi kapanpun dan dimanapun. Agar modul digital interaktif dapat digunakan secara eferktif maka pemilihan materi yang sesuai sangat diperlukan. Tujuan dari pengembangan adalah menyusun dan menghasilkan modul digital interaktif Gambar Teknik Elektro yang kontekstual dan sudah tervalidasi untuk mata kuliah Gambar Teknik. Serta meningkatkan kompetensi menggambar pada mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Metode pengembangan yang digunakan oleh pengembang adalah metode pengembangan ADDIE untuk pengembangan media modul digital interaktif dan alur langkah pengembangan Borg Garl untuk pengembangan materi modul Gambar Teknik Elektro. Tahapan dalam pengembangan media adalah (1) analisis (2) desain produk (3) pengembangan media (4) implementasi dan (5) evaluasi. Sedangkan untuk isi (materi) pada modul digital interaktif gambar teknik elektro adalah (1) pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan modul awal (4) uji coba terbatas dari revisi produk dan (5) uji coba luas dari revisi produk. Hasil dari pengembangan adalah (1) proses pengembangan modul pembelajaran dilakukan dalam lima tahapan utama yaitu menganalisis kebutuhan merancang dan membuat modul pengujian kelayakan serta pengujian keefektifan modu (2) pengujian kelayakan didapatkan nilai persentase rata-rata 91% dengan kriteria sangat baik dan disimpulkan modul pembelajaran Gambar Teknik Elektro layak digunakan untuk proses pembelajaran dan (3) pengujian peningkatan kompetensi dilakukan dengan membandingkan nilai posttest kelas eksperimen dengan nilai posttest kelas kontrol didapatkan hasil nilai thitung 5 605. Dengan kesimpulan penggunaan modul yang dikembangkan dapat meningkatakan kompetensi menggambar mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universutas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47880

Actions (login required)

View Item View Item