Hubungan kemanfaatan pembelajaran mikro dan kesiapan mengajar dengan kematangan Kajian Praktik Lapangan (KPL) mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Rakhmat Ardian Romli - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemanfaatan pembelajaran mikro dan kesiapan mengajar dengan kematangan Kajian Praktik Lapangan (KPL) mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Rakhmat Ardian Romli

Romli, Rakhmat Ardian (2018) Hubungan kemanfaatan pembelajaran mikro dan kesiapan mengajar dengan kematangan Kajian Praktik Lapangan (KPL) mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Rakhmat Ardian Romli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Romli Rakhmat Ardian. 2017. Hubungan Kemanfaatan Pembelajaran Mikro dan Kesiapan Mengajar dengan Tingkat Kematangan Kajian Praktik Lapangan (KPL) Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Setiadi Cahyono P. M.Pd. M.T. (2) Yuni Rahmawati S T. M.T Kata Kunci Kemanfaatan Pembelajaran Mikro Kesiapan Mengajar Tingkat Kematangan Kajian Praktik Lapangan (KPL) Salah satu kompetensi lulusan yang dihasilkan oleh program studi PTE UM adalah kompetensi keguruan yang mengutamakan mahasiswanya menjadi tenaga pendidik yang berkompeten. Pendidikan memiliki peran penting dalam suatu Negara karena berhubungan erat dengan masa depan calon pendidik bangsa. Pada hakikatnya seorang pendidik harus memiliki kemampuan mengajar yang baik agar ketika nantinya terjun mengajar di sekolah mampu mengusai kompetensi mengajar dengan matang. Berkaitan dengan hal itu maka dilakukan penelitian terkait tujuan untuk mendeskripsikan tentang kemanfaatan pembelajaran mikro kesiapan mengajar dan kematangan Kajian Praktik Lapangan (KPL). Untuk mengungkap hubungan antara kemanfaatan pembelajaran mikro dengan kematangan Kajian Praktik Lapangan (KPL). Untuk mengungkap hubungan antara kesiapan mengajar dengan kematangan Kajian Praktik Lapangan (KPL). Serta untuk mengungkap hubungan secara simultan antara kemanfaatan pembelajaran mikro (X1) dan kesiapan mengajar (X2) dengan kematangan Kajian Praktik Lapangan (KPL) (Y) bagi Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan rancangan deskriptif korelasional. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu merupakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan bersifat deskriptif korelasional yaitu X1 dan X2 sedangkan satu variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Y. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa S1 PTE yang berjumlah 109. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Teknik analiss data menggunakan korelasi parsial dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y dengan koefisien korelasi rx1y 0 465 (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y dengan koefisien korelasi rx2y 0 763 (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y dengan nilai R 0 979 dan nilai F sebesar 1211 294. Sumbangan efektif variabel X1 29 02 % dan sumbangan efektif variabel X2 66 78%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan posistif dan signifikan antara X1 dengan Y (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y (3) terdapat hubungan yang posistif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47879

Actions (login required)

View Item View Item