Perbandingan hasil belajar simbol-simbol K3 Teknik Kerja Bengkel menggunakan model pembelajaran discovery learning dan discovery learning dengan strategi game uno pada siswa kelas X Jurusan Ototronik di SMKN 6 Malang / Yordan Rizky Syahputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil belajar simbol-simbol K3 Teknik Kerja Bengkel menggunakan model pembelajaran discovery learning dan discovery learning dengan strategi game uno pada siswa kelas X Jurusan Ototronik di SMKN 6 Malang / Yordan Rizky Syahputro

Syahputro, Yordan Rizky (2017) Perbandingan hasil belajar simbol-simbol K3 Teknik Kerja Bengkel menggunakan model pembelajaran discovery learning dan discovery learning dengan strategi game uno pada siswa kelas X Jurusan Ototronik di SMKN 6 Malang / Yordan Rizky Syahputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syahputro Yordan Rizky. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Simbol Simbol K3 Teknik Kerja Bengkel Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Discovery Learning Dengan Strategi Game Uno Pada Siswa Kelas X Jurusan Ototronik di SMKN 6 Malang. Skripsi Program Study S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.ST. M.Pd. (2) Drs. Suwasono. M.T. Kata Kunci Hasil Belajar Simbol-Simbol K3 Discovery Learning Strategi Game Uno Teknik Kerja Bengkel Dalam kegiatan pembelajaran salah satu komponen pendukung yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran adalah model pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Teknik Kerja bengkel jurusan Ototronik di SMKN 6 Malang diketahui bahwa model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru dimana hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan hasil belajar simbol-simbol K3 Teknik Kerja Bengkel menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas X Jurusan Ototronik di SMKN 6 Malang (2) mendeskripsikan hasil belajar simbol-simbol K3 Teknik Kerja Bengkel menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan strategi Game Uno pada Siswa Kelas X Jurusan Ototronik di SMKN 6 Malang (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar simbol-simbol K3 Teknik Kerja Bengkel antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Discovery learning dengan Strategi Game Uno pada Siswa Kelas X Jurusan Ototronik di SMKN 6 Malang. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ototronik tahun ajaran 2016-2017 SMKN 6 Malang yang berjumlah 71 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan kuantitatif komparatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental) yang termasuk dalam jenis penelitian eksperimen pretest-posttest non equivalent control group desain dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan soal pretest-posttest dan rubrik keterampilan yang telah memenuhi uji validasi dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t. Dari hasil penelitian didapatkan rerata hasil belajar siswa pada kemampuan awal kelas kontrol sebesar 70 74 mengalami peningkatan pada kemampuan akhir sebesar 84. Demikian juga pada kelas eksperimen yang memiliki rerata hasil belajar kemampuan awal siswa sebesar 64 76 dan mengalami peningkatan pada kemampuan akhir sebesar 87. Dari rerata nilai hasil belajar tersebut maka terbukti bahwa hipotesis awal (Ha) diterima yakni Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan siswa yang menggunakan discovery learning dengan strategi game uno. ABSTRACT Syahputro Yordan Rizky. 2016. Comparison of Symbols Learning Results in Workshop Engineering Subject Between Implementing Discovery Learning and Discovery Learning with Uno Game Strategy at Grade X Students of Ototronics SMKN 6 Malang. Thesis Study of Electrical Education Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang Advisor (1) Drs. Dwi Prihanto S.ST. M.Pd. (2) Drs. Suwasono. M.T. Kata Kunci Learning Result K3 symbols Workshop Engineering Discovery Learning Uno Game Strategy One of the supporting components in learning process which can improve the quality of learning is the learning model. However Based on the results of observation and interview with Workshop Engineering teacher at Ototronic Department SMKN 6 Malang the learning used was teacher centered learning in which this model affects the students learning outcome. The purpose of this research are (1) to describe the learning result of K3 symbols Workshop Engineering subject by implementing Discovery learning model (2) to describe the learning result of K3 symbols Workshop Engineering subject by by implementing Discovery learning model with Uno Game strategy at Grade X Student of Ototronics Department at SMKN 6 Malang and (3) to know the difference of learning result of K3 symbols in Workshop Engineering subject between students who learn using Discovery learning model and student who learn using Discovery learning model with Uno Game strategy at Grade X Students of Ototronic Department at SMKN 6 Malang. Population and samples in this research were all of Grade X Student of Ototronic Department of 2016-2017 academic year in SMKN 6 Malang which counted 71 students. This research design used quantitative comparative with quasi experimental method which is included in as pretest-posttest non equivalent control group design experimental research type with data collection technique using pretest-posttest questions and skill rubric which has passed through validation and reliability test. The data analysis used to test the hypothesis was t-test. The result showed that the average of student learning result of control class at the beginner was 70 74 and it was improved at the end og experiment became 84. The average student learning result of experiment class at the beginning was 64 76 and it was improved at the end of experiment became 87. Based on the average of learning result it is brave that the (Ha) hypothesis was true There is a significant difference of learning result between students who learn using Discovery learning model and student who learn using Discovery learning model with Uno Game strategy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47871

Actions (login required)

View Item View Item