Pengembangan trainer mata pelajaran pemrograman dasar berbasis arduino uno kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 1 KOta Malang / Buyung Damarjati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer mata pelajaran pemrograman dasar berbasis arduino uno kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 1 KOta Malang / Buyung Damarjati

Damarjati, Buyung (2017) Pengembangan trainer mata pelajaran pemrograman dasar berbasis arduino uno kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 1 KOta Malang / Buyung Damarjati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Damarjati Buyung. 2017. Pengembangan Trainer Mata Pelajaran Pemrogaman Dasar Berbasis Arduino Uno Untuk Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang. Pembimbing (I) Dyah Lestari S.T. M.Eng. (II) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Kata Kunci Pengembangan Arduino Uno Pemrogaman Dasar dan Trainer. Arduino Uno merupakan salah satu platform mikrokontroler yang dikembangkan oleh arduino dimana dalam pengoperasiannya lebih mudah untuk pemula. Matapelajaran Pemrograman Dasar merupakan matapelajaran yang menyajikan tentang tata cara memprogram komputer yang disajikan untuk siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Media pembelajaran yang digunakan sebelumnya belum sepenuhnya dapat menerapkan materi dan tercakupnya kompetensi dari matapelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan pengembangan media yang bersifat membantu pemahaman materi untuk siswa yang sesuai dengan silabus matapelajaran Pemrograman Dasar. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan trainer dan jobsheet yang layak dan dapat dipergunakan untuk menunjang kegiatan praktikum matapelajaran Pemrograman Dasar SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Sugiyono yang telah disesuaikan dengan objek penelitian. Langkah-langkah pengembangan adalah (1) menentukan potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) ujicoba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi masal. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan media angket kuisioner yang diberikan kepada dua validator dan siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan. Validator berjumlah dua orang yaitu validator untuk penilaian dari segi materi dan dari segi penyajian media. Hasil ujicoba produk berupa trainer dan jobsheet diperoleh dari tiga kelompok responden dengan hasil sebagai berikut (1) dua orang validator media menyatakan bahwa trainer jobsheet valid dan layak digunakan dengan rata-rata persentase 93 27% untuk trainer dan 88 75% untuk jobsheet (2) subjek ujicoba produk menyatakan trainer dan jobsheet layak dengan persentase 92 86% untuk trainer dan 93 18% untuk jobsheet (3) subjek ujicoba pemakaian menyatakan trainer dan jobsheet layak digunakan dengan persentase 89 04% untuk trainer dan 89 69% untuk jobsheet. Berdasarkan data yang diperoleh maka produk berupa trainer dan jobsheet dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan praktikum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47870

Actions (login required)

View Item View Item