Model pembelajaran dua bahasa (bilingual) yang dilakukan di kelompok bermain Pelita Kasih Makassar / Dian Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran dua bahasa (bilingual) yang dilakukan di kelompok bermain Pelita Kasih Makassar / Dian Puspita Sari

Sari, Dian Puspita (2010) Model pembelajaran dua bahasa (bilingual) yang dilakukan di kelompok bermain Pelita Kasih Makassar / Dian Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Dian Puspita. 2009. Model Pembelajaran Dua Bahasa (Bilingual) yang Dilakukan di Kelompok Bermain Pelita Kasih. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kentar Budhojo M.Pd. Pembimbing (II) Drs. Ihsom Ihsan Kata kunci Model Pembelajaran Dua Bahasa Kelompok Bermain Beberapa Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak di Makassar menerapkan pembelajaran dua bahasa bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Para ahli masih belum sependapat tentang pengaruh pembelajaran itu terhadap perkembangan kognitif anak. Penelitian ini ingin mengetahui model pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat pemebelajaran dua bahasa di Kelompok Bermain. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Bermain Pelita Kasih pada tanggal 23 Februari sampai 07 Maret 2006. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan Deskriptif. Teknik penggalian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus presentase Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan model pembelajaran dua bahasa yang dilakukan di Kelompok Bermain Pelita Kasih lebih difokuskan agar anak memiliki kemampuan berkomunikasi lisan dan berbicara dalam dua bahasa dengan berdasarkan kurikulum pembelajaran kelompok bermain. Tujuan dari pembelajaran dengan dua bahasa yang diterapkan di Kelompok Bermain Pelita Kasih yaitu mengenalkan dan membiasakan anak menggunakan bahasa asing terutama bahasa Inggris dan meningkatkan kecerdasan Linguistic anak sejak dini sehingga menambah kepercayaan diri anak untuk berkomunikasi dengan orang lain baik itu dari lingkungannya maupun dari luar lingkungannya tidak hanya itu kemampuan cara berfikir anak akan bertambah serta mengembangkan kemampuan toleransi anak. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Bagi Lembaga Kelompok Bermain Pelita Kasih Para guru disarankan menambah wawasan tentang pembelajaran secara dua bahasa. (2) Bagi jurusan Pendidikan Luar Sekolah agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan informasi untuk pengembangan bidang garapan Pendidikan Luar Sekolah. (3) Bagi peneliti lain dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai kemampuan bahasa inggris guru dalam rangka mempersiapkan diri untuk melakukan pembelajaran bilingual di Kelompok Bermain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4787

Actions (login required)

View Item View Item