Meilan, Rani Putri (2017) Perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning dan student team achievement division pada mata pelajaran simulasi digital kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK PGRI 3 Malang / Rani Putri Meilan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Meilan Rani Putri.2017. Perbedaan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Student Team Acievemen Division pada Mata Pelajaran Simulasi Digital kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muladi S.T. M.T. (II) Drs. Hari Putranto. Kata Kunci Contextual Teaching and Learning Student Team Acievement Division hasil belajar. Model pembelajaran merupakan komponen pendukung dalam kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan oleh penulis pada siswa kelas X mata pelajaran Simulasi Digital di SMK PGRI 3 Malang ditemukan beberapa permasalahan yang terjadi dalam suatu pembelajaran di kelas diantaranya yaitu (1) pembelajaran yang masih berorientasi pada guru (teacher center) (2) pemahaman materi peserta didik tidak merata dan (3) tingkat antusias peserta didik memperoleh materi di kelas kurang maksimal sehingga peserta didik cenderung pasif. Oleh karena itu penulis memberikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Student Team Achievemen Division sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan sikap dan keterampilan siswa pada kelas yang belajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Student Team Achievemen Division pada siswa kelas X Elektronika Industri mata pelajaran simulasi digital di SMK PGRI 3 Malang. Metode yang digunakan adalah metode quasi experimental design dalam bentuk non-equivalent control group design.Desain penelitian ini menggunakan dua kelas. Kelas control menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran Student Team Achievemen Division. Hipotesis (Ho) adalah tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Student Team Achievemen Division pada ranah pengetahuan sikap dan keterampilan. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t. Hasil penelitian menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil penelitian pada ranah pengetahuan (sig. 0.0185
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |