Pengembangan modul pada mata pelajaran perakitan komputer kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan jaringan semester 1 SMK Sore Tulungagung / Gustav Riandika Andari

Andari, Gustav Riandika (2017) Pengembangan modul pada mata pelajaran perakitan komputer kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan jaringan semester 1 SMK Sore Tulungagung / Gustav Riandika Andari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andari, Gustav Riandika. 2017. Pengembangan Modul pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Sore Tulungagung. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmantara, M.Pd. (II) Drs. Suwasono, M.T. Kata kunci: Bahan ajar, Modul, Perakitan komputer, Kurikulum 2013. Pelajaran Perakitan Komputer merupakan mata pelajaran pada kelas X program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Sore Tulungagung yang berpedoman dengan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil dari wawancara dengan guru .selama ini bahan ajar yang digunakan belum sesuai dengan kurikulum 2013. Selama ini sumber materi masih belum lengkap, baik dari buku, lembar kerja siswa (LKS) maupun internet. Pada proses pembelajaran beberapa siswa hanya menunggu intruksi dari guru, hal ini menyebabkan kurangnya ketertarikan minat siswa dalam mata pelajaran perakitan komputer, kurang memahami materi yang diajarkan, dan selalu tergantung pada guru. Sehingga dibutuhkan pengembangan modul ajar mata pelajaran Perakitan Komputer. Model penelitian pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan yaitu model Sugiyono. Model Sugiyono terdiri dari 10 komponen, yaitu: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) revisi desain; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; (8) Ujicoba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produk masal. Produk yang dikembangan terdiri dari 7 materi yang sesuai dengan silabus SMK Sore Tulungagung. Pada tahapan uji coba kelompok kecil, perolehan persentase sebesar 78,25% dari total 10 siswa sebagai responden. Pada tahapan uji coba operasional, diperoleh hasil persentase sebesar 87,66% dari total 30 siswa sebagai responden. Dari hasil tersebut, dapat diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47867

Actions (login required)

View Item View Item