Pengembangan bahan ajar mekatronika untuk program studi D3 Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Benny Agung Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mekatronika untuk program studi D3 Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Benny Agung Prasetyo

Prasetyo, Benny Agung (2017) Pengembangan bahan ajar mekatronika untuk program studi D3 Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Benny Agung Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo Benny Agung. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Mekatronika Untuk Program Studi D3 Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dyah Lestari S.T. M.Eng (II) Dr. Eng. Siti Sendari S.T M.T. Kata Kunci pengembangan bahan ajar mekatronika Mekatronik adalah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai ilmu yang berkaitan dengan mekanik dan elektrik. Matakuliah Workshop Mekatronika merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi D3 Teknik Elektronika. Media pembelajaran pada Matakuliah Workshop Mekatronika berupa sajian presentasi PowerPoint yang berasal dari buku referensi dan internet. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan RPS (Rancangan Perkuliahan Semester) Matakuliah Workshop Mekatronika. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan modul ajar dan buku ajar yang layak dan dapat dipergunakan untuk menunjang perkuliahan Workshop Mekatronika untuk D3 Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan milik Purwanto yang telah disesuaikan dengan objek penelitian. Langkah-langkah dari pengembangan penelitian milik Purwanto adalah (1) tahap perencanaan (2) tahap penulisan (3) tahap review uji coba dan revisi dan (4) tahap finalisasi dan pencetakan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner yang diberikan kepada tiga kelompok responden yaitu mahasiswa validator materi dan kegrafikan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa angket yang diadaptasi dari BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Hasil uji coba produk berupa modul ajar yang dilakukan pada tiga kelompok responden mendapatkan data hasil sebagai berikut (1) validator materi menyatakan bahwa modul ajar telah valid dan layak untuk digunakan dengan persentase 89 71% (2) validator kegrafikan menyatakan bahwa modul ajar telah valid dan layak untuk digunakan dengan persentase 94 74% (3) mahasiswa menyatakan bahwa modul ajar telah valid dan layak untuk digunakan dengan persentase 87 24%. Sedangkan hasil uji coba buku ajar yang dikembangkan adalah sebagai berikut (1) validator materi menyatakan bahwa buku ajar telah valid dan layak untuk digunakan dengan persentase 91 91% (2) validator kegrafikan menyatakan bahwa buku ajar telah valid dan layak untuk digunakan dengan persentase 96 71% (3) mahasiswa menyatakan bahwa buku ajar telah valid dan layak untuk digunakan dengan persentase 86 84%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul dan buku yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47863

Actions (login required)

View Item View Item