Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah workshop jaringan komputer untuk mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Yanar Wahyu Hertomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah workshop jaringan komputer untuk mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Yanar Wahyu Hertomo

Hertomo, Yanar Wahyu (2017) Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah workshop jaringan komputer untuk mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Yanar Wahyu Hertomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hertomo Yanar Wahyu. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Matakuliah Workshop Jaringan Komputer Berbasis Android untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muladi S.T. M.T. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata kunci media pembelajaran pengembangan Android jaringan matakuliah. Universitas Negeri Malang sebagai salah satu perguruan tinggi yang mencetak calon pengajar yang kedepannya mengemban tugas untuk mengembangkan potensi dari para penerus bangsa. Mahasiswa khususnya yang berjurusan Pendidikan dituntut untuk dapat melakukan kegiatan belajar mengajar yang membuat siswa mudah memahami dan antusias dalam pembelajaran. Salah satu inovasi di dalam pembelajaran adalah dengan mempersiapkan media pembelajaran yang menarik dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian ADDIE dengan tahapan (1) analisis (analyze) (2) perancangan (design) (3) pengembangan (develope) (4) implementasi (implementation) dan (5) evaluasi (evaluate). Pada tahapan pengumpuland data data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dijadikan dasar untuk membuat perencanaan berupa story board media pembelajaran. Produk yang telah dirancang dan dibuat kemudian di validasi pada ahli materi dan media. Uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dilakukan pada mahasiswa PTI yang telah menempuh mata kuliah Workshop Jaringan Komputer. Untuk instrumen pengujian digunakan angket/kuisioner angket dibuat menggunakan BSNP sebagai dasar pembuatan. Hasil validasi media pembelajaran yang dikembangkan diperoleh persentase sebesar 88.2% dari ahli media dan dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 75%. Media pembelajaran yang telah direvisi diujikan pada kelompok kecil dalam penelitan ini subjek ujicoba sebanyak 10 orang peserta didik dari uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 80.1%. Hasil validasi dijadikan dasar untuk melakukan revisi pada produk. Uji kelompok besar dengan 40 Mahasiswa dilakukan dan mendapatkan persentase sebesar 82.5%. Dari data tersebut digunakan untuk melakukan revisi terakhir. Setelah didapatkan hasil validasi media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh 88 2 dari ahli media validasi dari ahli materi sebesar 75% sedangkan persentase uji coba 1 dan 2 sebesar 80 1% dan 82.5% sehingga jika dirata-rata diperoleh persentase sebesar 81 3 dengan tingkat kelayakan sangat tinggi. Dengan demikian media pembelajaran Workshop Jaringan Komputer sangat layak digunakan dalam pembelajaran. ABSTRAK Hertomo Yanar Wahyu. 2017. The Development of Android Based Instructional Media in the Workshop of Android Based Computer Networking Course for the Students of the Educational Informatics Engineering State University of Malang. Thesis Electrical Engineering Major Faculty of Engineering State University of Malang. Advisor (I) Dr. Muladi S.T. M.T. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata kunci media pembelajaran pengembangan Android jaringan matakuliah. The State University of Malang as one of many universities that produce teacher candidates that will develop the potentials of ours next generations. University student especially those who are majoring in education are required to be able to do learning and teaching activities that could make students understand enthusiastic in learning. One of innovation in learning is that by preparing interesting and understandable instructional media for the learners. ADDIE research methodology are used in this research with stages (1) analysis (analyze) (2) planning (design) (3) development (develop) (4) implementation (implement) and (5) evaluation (evaluate). At the stage of data collection the data obtained from the results of observation and interviews. The data obtained is used as a base for making a plan which is a storyboard instructional media. Material and media experts were validating the designed product. Small and large group trials are done on the students of educational informatics engineering who have gone through Computer Networking Workshop Course. Questionnaires are used as the testing instruments the questionnaires were made using BSNP as the basis of its manufacture. The validation results of the media are 88.2% from media experts and 75% from material experts. Then the revised media were tested on a small group which then got 80.1%. The validation results are used as a basis for product revision. The large group test using 40 students is done and earn 82.5%. Finally the data will be used for doing the final revision. Once the validation results of the developed media are obtained which is 88.2% from media experts and 75% from material experts while from the test 1 and 2 are 80.1% and 82.5% respectively. Then we will get as much as 81.3% from the average of those values with a very high level of eligibility. Therefore the instructional media of Computer Networking Workshop is very feasible to use in the learning process.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47862

Actions (login required)

View Item View Item