Pengembangan bahan ajar teknik digital topik flip-flop dan aplikasinya untuk memori pada matakuliah elektronika digital lanjut di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Ahmad Khusaini Dwi Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar teknik digital topik flip-flop dan aplikasinya untuk memori pada matakuliah elektronika digital lanjut di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Ahmad Khusaini Dwi Prasetyo

Prasetyo, Ahmad Khusaini Dwi (2017) Pengembangan bahan ajar teknik digital topik flip-flop dan aplikasinya untuk memori pada matakuliah elektronika digital lanjut di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Ahmad Khusaini Dwi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo Ahmad Khusaini Dwi. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Teknik Digital Topik Flip-flop dan Aplikasinya untuk Memori pada Matakuliah Elektronika Digital Lanjut di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suwasono M.T. (II) Dr. Eng. Siti Sendari S.T. M.T. Kata Kunci Pengembangan bahan ajar Flip-flop Memori Elektronika Digital Lanjut Elektronika Digital merupakan bagian dari ilmu elektronika yang mempelajari tentang pemrosesan sinyal digital. Matakuliah Elektronika Digital Lanjut (NEKA411) merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi D3 Teknik Elektronika. Media pembelajaran pada Matakuliah Elektronika Lanjut sudah tersedia trainer dan jobsheet namun berdasarkan observasi dan wawancara diperoleh informasi media pembelajaran yang tersedia belum membahas kompetensi tentang memori ROM dan penerapan memori dalam rangkaian digital. Sehingga diperlukan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan silabus katalog Jurusan Teknik Elektro pada Matakuliah Elektronika Digital Lanjut. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merancang membuat dan menguji bahan ajar berupa media trainer modul ajar dan jobsheet yang berisi pokok bahasan flip-flop dan aplikasinya untuk memori pada Matakuliah Elektronika Digital Lanjut. Model pengembangan ADDIE memiliki lima tahap dan masing-masing tahapan terdapat langkah-langkah pengembangan yaitu (1) Tahap analisis kebutuhan (2) Tahap desain bahan ajar (3) Tahap pengembangan bahan ajar (4) Tahap implementasi bahan ajar dan (5) Tahap evaluasi. Proses evaluasi pada metode pengembangan ini terdiri dari evaluasi formatif dan evaluasi suamatif. Evaluasi formatif dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas produk berdasarkan saran bagi produk dari subjek validasi dan subjek uji coba. Evaluasi sumatif dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh data berupa nilai dan manfaat namun pada pengembangan ini tidak dilakukan tahap implementasi sehingga tidak dilakukan evaluasi sumatif. Bahan ajar yang dihasilkan berupa media trainer Flip-flop dan Aplikasinya untuk Memori serta modul ajar dan jobsheet Elektronika Digital Lanjut. Data yang diperoleh berupa data kualitatif berupa hasil wawancara sebagai data awal dan saran dari subjek validasi serta subjek uji coba sedangkan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil skor yang kemudian diterjemahkan kriteria kevalidannya. Dari pengambilan data diperoleh sebagai berikut (1) Ahli media menyatakan produk ini telah valid dan layak digunakan dengan persentase 94 56% (2) Ahli materi menyatakan produk ini telah valid dan dapat digunakan namun perlu revisi kecil dengan persentase 84 39% (3) Uji kelompok kecil menyatakan produk telah valid dan layak digunakan namun perlu revisi kecil dengan persentase 83 02% dan (4) Uji Lapangan menyatakan produk telah valid dan layak digunakan dengan persentase 88 13%. Sehingga didapatkan produk yang telah layak yaitu trainer Flip-flop dan aplikasinya untuk memori dan modul ajar serta jobsheet Elektronika Digital Lanjut sebagai pendukung praktikum di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. ABSTRACT Prasetyo Ahmad Khusaini Dwi. 2017. The Development of Digital Technic Flip-flop Topic Teaching Materials and Its Application to Memory in Advanced Digital Electronics Course in Electrical Engineering Department of Universitas Negeri Malang. Thesis. Electrical Engineering Department Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang. Supervisor (I) Drs. Suwasono M.T. (II) Dr. Eng. Siti Sendari S.T. M.T. Keywords Development Teaching Materials flip-flop Memory Elektronika Digital Lanjut Digital Electronic is a part of electronics knowledge which learns about proccessing digital signal. The course Elektronika Digital Lanjut (NEKA411) is a required course for students of D3 Study Program of Electronics Engineering.The teaching media for this course is already available in trainer and jobsheet but according to the observation and interview a result is obtained which is the available teaching media haven t discuss the competences about ROM memory and memory application in a digital circuit. Therefore an appropriate development of teaching media is needed and it should be matched with the catalogue syllabus of Electrical Engineering Department in Advanced Digital Electronics course. This development research is done in order to devise create and test the teaching materials in a form of trainer media teaching module and jobsheet consist of discussion about flip-flop and its application to memory in Elektronika Digital Lanjuts course. ADDIE Development Model has five steps as follows (1) Need analysis (2) Design teaching materials (3) Develop teaching materials (4) Implement teaching materials and (5) Evaluate. The evaluation process in this development method is divided into formative evaluation and summative evaluation. Formative evaluation is done in order to improve the quality of products in a form of value and advice for the products from validity subject and experimental subject. Summative evaluation is done in order to get data and useful but in this development is not done develop phase therefore does not done sumatife evaluation. Teaching materials produced are flip-flop trainer and its application to memory also a teaching module and jobsheet of Advanced Digital Electronics. The data obtained are qualitative data in a form of interview result as initial data and advices from validity subjects and also experimental subjects whereas taken data obtained are explained as follows (1) Media master expressed that the products are valid and worthy with percentage 94.56% (2) Materials master expressed that the products are valid and worthy with percentage 84.39% but a little revision is needed (3) Small group rial expressed that the products are valid and worthy with percentage 83.02% but a little revision is needed (4) Field trial expressed that the products are valid and worthy with percentage 88.13%. In conclusion a result is finally obtained which is a worthy products flip-flop trainer and its application to memory and the teaching module also the jobsheet of Advanced Digital Electronics as a practicum support in Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47854

Actions (login required)

View Item View Item