Pengembangan media ajar trainer transistor beserta modul berbasis problem solbing pada mata pelajaran Elektronika Dasar kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen / M. Ibnu Sakha Al B

Al Baihaqi, M. Ibnu Sakha (2017) Pengembangan media ajar trainer transistor beserta modul berbasis problem solbing pada mata pelajaran Elektronika Dasar kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen / M. Ibnu Sakha Al B. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Baihaqi, Muhammad Ibnu Sakha Al. 2017. Pengembangan Media Ajar Trainer Transistor Beserta Modul Berbasis Problem Solving pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) : I Made Wirawan, S.T M.T., (2) Drs. Suwasono, M.T. Kata Kunci: Transistor, Media Ajar Trainer, Modul Ajar, Problem Solving, Teknik Elektronika Dasar. Media ajar trainer adalah alat bantu dalam suatu proses pembelajaran yang dipergunakan pembelajar untuk memperagakan materi pelajaran. Metode pembelajaran Problem Solving merupakan suatu model pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan pada tanggal 14 November 2015, diperoleh hasil bahwa proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Kepanjen berlangsung lebih lama dari alokasi waktu yang dimuat pada silabus. Permasalahan tersebut dikarenakan tidak tersedianya media ajar yang memadai serta metode pembelajaran yang kurang sesuai untuk menunjang proses pembelajaran. Dari permasalahan yang telah diuraikan maka dibuatlah media ajar berbentuk trainer yang disertai modul untuk Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Kepanjen. Tujuan dari pengembangan yang dilakukan adalah: (1) Merancang media ajar transistor pada mata pelajaran Elektronika Dasar untuk siswa kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen; (2) Membuat media ajar transistor pada mata pelajaran Elektronika Dasar untuk siswa kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen; dan (3) Menguji kelayakan hasil pengembangan trainer, modul, dan job sheet tentang transistor pada mata pelajaran Elektronika Dasar untuk siswa kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen. Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE. Secara garis besar model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap analisis kebutuhan (analyze), tahap desain (design), tahap pengembangan (develop), tahap penerapan (implementation), dan tahap evaluasi (evaluate). Media pembelajaran yang diujicobakan, yaitu media ajar modul, jobsheet, dan trainer. Dalam proses ujicoba terdapat beberapa kegiatan yaitu validasi dari ahli dan ujicoba pada siswa. Validasi dilakukan untuk mengetahui validitas produk sebelum diujicobakan. Sedangkan ujicoba dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk. Produk yang dihasilkan adalah Modul Transistor mengacu pada DEPDIKNAS (2008:32) yang disesuaikan dengan langkah pembelajaran problem solving, Jobsheet Transistor mengacu pada Wena (1995:42-43) yang dimodifikasi, dan Trainer Transistor yang disusun berdasarkan silabus SMK Negeri 1 Kepanjen. Berdasarkan hasil ujicoba dapat disimpulkan bahwa modul Transistor dengan model pembelajaran problem solving, jobsheet Transistor, dan trainer Transistor dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. ABSTRACT Baihaqi, Muhammad Ibnu Sakha Al. 2017. Teaching Media Development of Transistor Trainer with Problem Solving Method in Basic Electronic Subject class X on Industrial Electronic Engineering Skill Program SMK Negeri 1 Kepanjen. Thesis, Study Program of Electronics Education Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang. Supervisor: (I) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T (II) ) Drs. Suwasono, MT. Key Words: Transistor, Trainer Teaching Media, Teaching Modul, Problem Solving, Basic Electronic Engineering. Trainer teaching media is a tool in a learning process used by learners to demonstrate the subject matter. Problem Solving learning method is a learning model designed to increase the ability of learners in solving problems. Based on the observations conducted on November 14, 2015, obtained the result that the learning process on Basic Electronics Subject in SMK Negeri 1 Kepanjen lasts longer than the time allocation contained in the syllabus. The problem is due to the absence of adequate teaching media and learning methods that are less appropriate to support the learning process. From the problems that have been described then created a teaching media shaped trainer that accompanied the module for Basic Electronic Subject at SMK Negeri 1 Kepanjen. The objectives of the development are: (1) Designing teaching media on Basic Electronics subjects for grade X students of Industrial Electronics Engineering Skill Program at SMK Negeri 1 Kepanjen; (2) Create a teaching media of transistor on Basic Electronics subject for grade X student of Industrial Electronics Engineering Skill Program at SMK Negeri 1 Kepanjen; And (3) Testing the feasibility of trainer, module, and job sheet of transistor development results on Basic Electronics subjects for grade X students of Industrial Electronics Engineering Skill Program at SMK Negeri 1 Kepanjen The development model used in this development is the ADDIE development model. Broadly speaking, the development model of ADDIE consists of five stages, namely the requirements analysis stage, design stage, development stage, implementation stage, and evaluation stage. Learning media being piloted, namely media teaching module, job sheet, and trainer. In the trial process there are several activities that are validation from the experts and the test on the students. Validation is performed to determine the validity of the product before it is tested. While the test is done to determine the feasibility of the product. The resulting product is the Transistor Module referring to DEPDIKNAS (2008: 32) adapted to the problem solving learning step, Job sheet Transistor refers to the modified Wena (1995: 42-43), and the Transistor Trainer based on the syllabus of SMK Negeri 1 Kepanjen. Based on the test results can be concluded that the transistor module with problem solving learning model, transistor job sheet, and transistor trainer declared valid and fit for use in learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47849

Actions (login required)

View Item View Item