Pengembangan trainer sistem kendali jarak jauh berbasis Internet of Things (IoT) pada mata kuliah Sistem Kendali Jarak jauh (NTEL 679) di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Fauzy Satrio Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer sistem kendali jarak jauh berbasis Internet of Things (IoT) pada mata kuliah Sistem Kendali Jarak jauh (NTEL 679) di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Fauzy Satrio Wibowo

Wibowo, Fauzy Satrio (2017) Pengembangan trainer sistem kendali jarak jauh berbasis Internet of Things (IoT) pada mata kuliah Sistem Kendali Jarak jauh (NTEL 679) di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Fauzy Satrio Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibowo Fauzy Satrio. 2017. Pengembangan Trainer Sistem Kendali Jarak Jauh Berbasis Internet of Things (IoT) Pada Mata Kuliah Sistem Kendali Jarak Jauh di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muladi S.T. M.T. (2) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata kunci Internet of Things (IoT) Sistem Kendali Jarak Jauh Pengembangan Trainer Mata kuliah Sistem Kendali Jarak Jauh (NTEL 679) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa S1 Teknik Elektro dengan Konsentrasi Elektronika. Salah satu materi yang harus dikuasai oleh mahasiswa adalah Internet of Things. Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan bersama Koordinator Laboratorium Teknik Elektro dan Ketua Bidang Keahlian (KBK) Sistem kontrol perlu adanya trainer sistem kendali jarak pada Jurusan Teknik Elektro. Mata kuliah ini tergolong baru karena dilaksanakan pertama kali pada tahun ajaran 2016/2017 sehingga masih belum banyak media bantu pembelajaran pada mata kuliah tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu dikembangkan media trainer untuk membantu pembelajaran Sistem Kendali Jarak Jauh. Trainer ini dikembangkan menggunakan metode Sugiyono yang memiliki sepuluh tahap yaitu potensi masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi lanjutan produk uji coba pemakaian revisi produk akhir dan final produk. Tingkat validitas produk akan dinilai oleh ahli materi dan ahli media sedangkan tingkat kelayakan pada subjek uji coba akan dilakukan melalui uji kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil dari pengembangan telah dinyatakan valid 95 83% oleh ahli materi dan telah dinyatakan valid 97 12% oleh ahli media. Pada pengujian terhadap subjek uji coba media telah dinyatakan layak 91% oleh kelompok kecil dan telah dinyatakan layak 93% oleh kelompok besar. Berdasarkan nilai persentase tersebut maka media yang dikembangkan dapat digunakan di mata kuliah Sistem Kendali Jarak Jauh Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. ABSTRACT Wibowo Fauzy Satrio. 2017. Developing Trainer of Remote Control System Based on Internet of Things for Remote Control Subject in Department of Electrical Engineering Universitas Negeri Malang. Thesis Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang. Advisors (1) Dr. Muladi S.T. M.T. (2) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Keywords Developing Trainer Internet of Things Remote Control System A Remote Control System Subject (NTEL 679) is a compulsory subject for undergraduate student of Electrical Engineering Program Universitas Negeri Malang. In this subject students have to study about the implementation of Internet of Things application. According to the interview with Electronics Competency Group Leader of Control System and the Head of Electrical Engineering Laboratorium the results show that the learning module for Remote Control System Subject is still not available at the Electrical Engineering Program. Since this subject is started for the first time at 2016/2017 academic year. Based on the problem explained the aim of this research is to prepare the learning module for Remote Control Subject (NTEL 679). This research adapts the development model of Sugiyono method which consists of 10 development stages i.e. potential and problem gathering informations design product validate the design revision of design product testing revision of product testing produk usage final revision of product and final product. The results of this research are trainer kit jobsheets and a manual book of Remote Control System Subject. These products were validated by material and media experts. The validation result from material expert was 95.83% while the validation result from media expert was 97.12%. Furthermore the feasibility of the products were collected from small and large groups. Here the feasibility of small group implementation showed that the result was 91% while that of large group was 93%. Considering the validation and feasilibity results it can be concluded that the developed products were valid and feasible to be applied for Remote Control System Subject in Department of Electrical Engineering Universitas Negeri Malang KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Selesainya skripsi ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang telah memberikan masukan-masukan kepada penulis. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada 1.Dr. Andoko ST. M.T. selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. 2.Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. 3.Dr. Muladi S.T. M.T. selaku Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro dan Pembimbing 1 Skripsi yang selalu memberikan bimbingan arahan dan dedikasi dalam penulisan skripsi. 4.Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom selaku pembimbing 2 yang selalu memberikan bimbingan arahan dan dedikasi dalam penulisan skripsi. 5.Dr. Eng. M. Sholihul Hadi S.T. M.Eng selaku ahli materi dan dosen pengampu Sistem Kendali Jarak Jauh Malang yang telah memberikan izin dalam melaksanakan observasi dan penelitian di mata kuliahnya. 6.Dyah Lestari S.T. M.Eng. selaku ahli media dalam penelitian pengembangan yang telah dilakukan. 7.Kedua orang tua dan keluarga yang selalu memberikan bantuan dalam bentuk moral material dan doa kepada penulis. 8.Teman-teman mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro 2013 Jurusan Teknik Elektro yang telah bekerja sama dan memberikan informasi dalam penyusunan skripsi ini. 9.Semua pihak yang telah membantu demi terselesaikannya skripsi ini Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari skripsi ini baik dari materi maupun teknik penyajiannya mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman penulis. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan. Malang Juli 2017 Penulis DAFTAR ISI ABSTRAK i ABSTRACT ii KATA PENGANTARi DAFTAR ISI iv DAFTAR TABELv DAFTAR GAMBAR vi DAFTAR LAMPIRANvii BAB 1 PENDAHULUAN1 A.Latar Belakang1 B. Tujuan Penelitian Pengembangan3 C.Spesifikasi Produk yang Diharapkan3 D.Pentingnya Penelitian Pengembangan4 E.Asumsi dan Keterbatasan Penelitian Pengembangan5 F.Definisi Operasional6 BAB II TINJAUAN PUSTAKA8 A.Model Pengembangan Sugiyon8 1.Potensi dan Masalah8 2.Pengumpulan Data9 3.Desain Produk9 4.Validasi Desain10 5.Revisi Desain10 6.Uji Coba Produk10 7.Revisi Produk10 8.Uji Coba Pemakaian11 9.Revisi Produk Tahap Akhir11 10.Produksi Massal11 B.Media Pembelajaran11 1.Pengertian Trainer Sebagai Media Pembelajaran12 2.Modul Sebagai Media Pembelajaran13 C.Kebutuhan Media Pembelajaran Sistem Kendali Jarak Jauh 13 D.Pembelajaran Sistem Kendali Jarak Jauh di Jurusan Elektro FT-UM14 E.Komposisi Materi Sistem Kendali Jarak Jauh15 F.Internet of Things (IoT)16 1.Pengertian Internet of Things (IoT)16 2Konsep Internet of Things (IoT)17 G.Penelitian yang Relevan17 G.Kerangka Berpikir20 BAB III METODE PENGEMBANGAN 22 AModel Pengembangan22 B.Prosedur Pengembangan23 1.Potensi dan Masalah23 2.Pengumpulan Data23 3.Desain Produk Awal24 4.Validasi Produk30 5.Revisi Produk31 6.Uji Coba Kelompok Kecil 32 7.Revisi Produk Lanjutan33 8.Uji Coba Kelompok Besar33 9.Revisi Produk Akhir34 10.Produk Akhir34 C.Teknik Analisis Data34 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN37 A.Hasil Rancangan Produk37 B.Penyajian Data39 1.Ahli Materi 40 2.Ahli Media 41 3.Uji Coba Kelompok Kecil 42 4.Uji Coba Kelompok Besar43 C.Analisis Data45 1.Ahli Materi 46 2.Ahli Media 49 3.Uji Coba Kelompok Kecil 51 4.Uji Coba Kelompok Besar54 D.Revisi Produk57 1.Ahli Materi 57 2.Revisi Ahli Media57 3.Uji Coba60 BAB V KESIMPULAN61 A.Kajian Produk61 B.Saran61 DAFTAR RUJUKAN64 LAMPIRAN 1 Angket Pra Pengembangan67 LAMPIRAN 2 Hasil Produk Pengembangan74 LAMPIRAN 3 Kisi-Kisi77 LAMPIRAN 4 Analisa Data Angket 81 LAMPIRAN 5 Dokumentasi Kehadiran Subjek Uji Coba89 DAFTAR TABE TabelHalaman Tabel 3.1 Sebaran Modul Praktikum Berdasarkan Indikator 24 Tabel 3.2 Instrumen Pengumpulan Data31 Tabel 3.3 Tingkat Penilaian 32 Tabel 3.7 Tingkat Penilaian 36 Tabel 4.1 Spesifikasi Trainer Node Master38 Tabel 4.2 Spesifikasi Trainer Node Sensor 38 Tabel 4.3 Hasil Validitas Aspek Ahli Materi40 Tabel 4.4 Hasil Validitas Ahli Media42 Tabel 4.5 Penilaian Per Aspek Uji Coba Kelompok Kecil43 Tabel 4.6 Penilaian Per Aspek Uji Coba Kelompok Besar44 Tabel 4.6 Hasil Penilaian Setiap Butir Ahli Materi47 Tabel 4.7 Hasil Penilaian Setiap Butir Ahli Media50 Tabel 4.7 Hasil Validitas Setiap Aspek Uji Coba Kelompok Kecil52 Tabel 4.8 Hasil Validitas Setiap Aspek Uji Coba Kelompok Besar55 DAFTAR GAMBAR GambarHalaman Gambar 2.1 Langkah-langkah pengembangan penelitian menurut Sugiyono8 Gambar 2.2 Peta Kedudukan Mata Kuliah Sistem Kendali Jarak Jauh16 Gambar 2.3 Peta Kedudukan Materi Sesuai RPS 16 Gambar 2.4 Kerangka Berpikir Penelitian Pengembangan yang Dilakukan21 Gambar 3.1 Model penelitian dan pengembangan Sugiyono disesuaikan22 Gambar 3.2 Peta Cakupan Materi Penerapan Trainer Sistem Kendali Jarak Jauh25 Gambar 3.3 (a) Desain Trainer Node Master dan (b) Trainer Node Sensor25 Gambar 3.4 Peta Konsep Praktikum Data Telemetri dan Data Akuisisi26 Gambar 3.5 Desain Praktikum Materi Data Akuisisi dan Data Telemetri27 Gambar 3.6 Diagram Cara Kerja Trainer pada Praktikum Kendali Jarak Jauh27 Gambar 3.7 Desain Praktikum Materi Kendali Jarak Jauh Internet28 Gambar 3.8 Struktur Modul Praktikum29 Gambar 4.1 Produk yang Dikembangkan37 Gambar 4.2 Modul yang Telah dikembangkan39 Gambar 4.3 Buku panduan yang Telah dikembangkan39 Gambar 4.4 Hasil Validasi Ahli dan Hasil Uji Coba Subjek45 Gambar 4.5 Hasil Validasi Setiap Aspek Ahli Materi46 Gambar 4.6 Hasil Validasi Setiap Aspek Ahli Media49 Gambar 4.7 Hasil Grafik Validasi Tiap Aspek52 Gambar 4.8 Hasil Grafik Validasi Tiap Aspek55 Gambar 4.9 Tata Letak Modul Versi 158 Gambar 4.10 Tata Letak Modul Versi 258 Gambar 4.11 Tata Letak Modul Versi 358 Gambar 4.12 Cover Versi 1 59 Gambar 4.14 Peta Konsep Sistem Versi 1 59 Gambar 4.15 Peta Konsep Sistem Versi 2 60 DAFTAR LAMPIRAN LampiranHalaman Lampiran 1.a Interview Pra Pengembangan 68 Lampiran 1.b Hasil Interview Pra Pengembangan71 Lampiran 2. Hasil Desain Produk yang Dikembangkan 75 Lampiran 3.a Kisi-Kisi Ahli Materi78 Lampiran 3.b. Kisi Kisi Ahli Media79 Lampiran 3.c. Kisi-Kisi Uji Coba 80 Lampiran 4.a. Ahli Materi 82 Lampiran 4.b. Ahli Media 83 Lampiran 4.c. Hasil Uji Coba Kelompok Kecil 84 Lampiran 4.d. Hasil Uji Coba Kelompok Besar 86

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47846

Actions (login required)

View Item View Item