Darmansyah, Imam Agus (2017) Pengembangan bahan ajar pada mata pelajaran instalasi motor listrik dengan model PjBL kelas XI semester 1 di SMK Negeri 1 Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur / Imam Agus Darmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Agus Imam Darmansyah. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Dengan Model PjBL Kelas XI Semester 1 Di SMK Negeri 1 Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T M.Pd. (II) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci Pengembangan Buku Ajar Instalasi Motor Listrik Model PjBL. Instalasi Motor Listrik merupakan salah satu sub bahasan yang terdapat pada silabus program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Berdasarkan hasil wawancara dengan Dedy Arzaki S.T. selaku guru di SMK menyatakan bahwa sekolah masih kekurangan buku ajar untuk mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Sekolah juga masih memerlukan pengembangan terhadap bahan ajar selain itu bahan ajar yang digunakan di sekolah belum tersedia buku ajar cetak khususnya untuk siswa sehingga siswa dalam proses pembelajarannya kurang efektif karena kurangnya bahan ajar yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan dari pengembangan bahan ajar ini adalah mengembangkan buku ajar yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran menguji tingkat kelayakan buku ajar apakah sudah layak atau belum melalui uji coba pembelajaran pada kelompok kecil dan kelompok besar menghasilkan sebuah buku ajar cetak yang dikembangkan menjadi media pembelajaran yang nantinya dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dan pada saat praktikum khusunya untuk mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Dick and Carrey adapun prosedurnya yaitu 1) mengidentifikasikan tujuan umum pembelajaran (2) melaksanakan analisi pembelajaran (3) mengidentifikasi tingkah laku masukan dan karakteristik siswa (4) merumuskan tujuan performansi (5) mengembangkan butir butir tes acuan patokan (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif (9) merevisi bahan pembelajaran (10) mendesain dan melaksanakan evaluasi sumatif. Hasil dari penelitian Buku Ajar Instalasi Motor Listrik yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh ahli materi diperoleh 89 06 % ahli media diperoleh 83 21 % uji coba kelompok kecil diperoleh 87 40 % dan uji coba kelompok besar diperoleh 86 30 %. Hasil validasi uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar menyatakan bahwa bahan ajar berupa Buku Ajar Instalasi Motor Listrik secara keseluruhan layak sehingga dapat digunakan sebagai media dalam membantu proses pembelajaran pada pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI Semester 1 di SMK.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |