Hubungan antara kenyamanan belajar dan ketersediaan sumber belajar dengan kemandirian belajar pada siswa SMK Jurusan Teknik Instalsi Tenaga Listrik di Kabupaten Tulungagung / Haya Mei Fatma Bela - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kenyamanan belajar dan ketersediaan sumber belajar dengan kemandirian belajar pada siswa SMK Jurusan Teknik Instalsi Tenaga Listrik di Kabupaten Tulungagung / Haya Mei Fatma Bela

Bela, Haya Mei Fatma (2017) Hubungan antara kenyamanan belajar dan ketersediaan sumber belajar dengan kemandirian belajar pada siswa SMK Jurusan Teknik Instalsi Tenaga Listrik di Kabupaten Tulungagung / Haya Mei Fatma Bela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bela Haya Mei Fatma. 2017. Hubungan antara Kenyamanan Belajar dan Ketersediaan Sumber Belajar dengan Kemandirian Belajar pada Siswa SMK Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Setiadi C.P. M.Pd M.T (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci Kenyamanan Belajar Ketersediaan Sumber Belajar Kemandirian Belajar. Berdasarkan pengamatan dan interaksi dengan siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK di Kabupaten Tulungagung kondisi dalam bengkel ruangan pembelajaran dirasakan kurang nyaman. Kenyamanan belajar merupakan aspek penting untuk mendukung suasana belajar yang kondudif. Ketersediaan sumber belajar dapat mempengaruhi kemandirian belajar karena sumber belajar merupakan suatu keharusan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Kenyamanan dan sumber belajar yang ada mampu meningkatkan efektifitas efisiensi dan kemandirian siswa dalam proses belajar. Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan tingkat kemandirian belajar (Y) (2) mendeskripsikan tingkat kenyamanan belajar (X1) (3) mendeskripsikan tingkat ketersediaan sumber belajar (X2) (4) mengetahui signifikansi hubungan antara X1 dengan Y (5) mengetahui signifikansi hubungan antara X2 dengan Y (6) mengetahui signifikansi hubungan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y pada siswa SMK Jurusan TITL di Kabupaten Tulungagung. Penelitian kuantitatif ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional metode Ex Post Facto. Responden penelitian adalah siswa SMK kelas X Jurusan TITL di Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data masing-masing variabel menggunakan kuesioner. Nilai reliabilitas variabel X1 sebesar 0 933 variabel X2 sebesar 0 957 dan varibel Y sebesar 0 911. Untuk mengungkap hubungan X1 dengan Y dan hubungan X2 dengan Y menggunakan analisis korelasi parsial. Sedangkan untuk mengungkap hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y menggunakan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian (1) Y dikategorikan baik sebesar 71 98% (2) X1 dikategorikan nyaman sebesar 68 15% (3) X2 dikategorikan lengkap sebesar 67 52% (4) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y (5) ada hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y (6) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Sumbangan relatif X1 sebesar 82 30% dan sumbangan relatif X2 sebesar 17 70%. Sedangkan sumbangan efektif X1 sebesar 30 85% dan sumbangan efektif X2 sebesar 6 64%. Kesimpulan penelitian adalah (1) ada hubungan positif dan signifikan antara kenyamanan belajar dengan kemandirian belajar (2) ada hubungan positif dan signifikan antara ketersediaan sumber belajar dengan kemandirian belajar (3) ada hubungan positif dan signifikan antara kenyamanan belajar dan ketersediaan sumber belajar secara simultan dengan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47835

Actions (login required)

View Item View Item