Pengembangan bahan ajar instalasi motor listrik berbasis e-learning untuk siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalsi Pemanfaatan Tenaga Listrik di tingkat SMK / Mohammad Sueib Rizal - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar instalasi motor listrik berbasis e-learning untuk siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalsi Pemanfaatan Tenaga Listrik di tingkat SMK / Mohammad Sueib Rizal

Rizal, Mohammad Sueib (2017) Pengembangan bahan ajar instalasi motor listrik berbasis e-learning untuk siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalsi Pemanfaatan Tenaga Listrik di tingkat SMK / Mohammad Sueib Rizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizal M. Sueib. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Instalasi Motor Listrik Berbasis E-learning untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di Tingkat SMK. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (2) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M. Pd. Kata kunci pengembangan media pembelajaran e-learning instalasi motor listrik Hasil wawancara dengan guru dan siswa di SMK Negeri 1 Kediri mata pelajaran Instalasi Motor Listrik merupakan mata pelajaran wajib yang harus ditempuh sebagai syarat untuk mengambil mata pelajaran Instalasi Motor Listrik berbasis PLC di semester selanjutnya. Pada mata pelajaran ini bahan ajar yang digunakan masih buku keluaran lama dan tidak adanya bahan ajar berbasis e-learning yang dapat di akses siswa. Instalasi Motor Listrik merupakan mata pelajaran wajib bagi peserta didik. Hasil wawancara dengan guru dan siswa mata pelajaran Instalasi Motor Listrik yang dilakukan di Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 6 Malang dalam proses pembelajaran Instalasi Motor Listrik sering terjadi kendala dan hambatan disaat proses belajar mengajar baik dari pihak sekolah guru maupun peserta didik. Kendala tersebut salah satunya adalah kurangnya bahan ajar yang dapat diakses siswa secara mandiri khusunya bahan ajar Instalasi Motor Listrik berbasis e-learning. Sedangkan hasil wawancara yang dilakukan di SMK PGRI 3 Malang adalah keaktifan dan kemandirian siswa masih kurang dikarenakan belum adanya bahan ajar yang memadai sehingga guru lebih aktif menjelaskan sehingga siswa menjadi pasif dan hanya mengikuti penjelasan guru tanpa punya inisiatif untuk lebih berkembang. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mengetahui potret bahan ajar Instalasi Motor Listrik berbasis e-learning dengan LMS merancang bahan ajar Instalasi Motor Listrik berbasis e-learning dengan LMS Edmodo dan mengetahui uji kelayakan bahan ajar Instalasi Motor Listrik berbasis e-learning dengan LMS Edmodo untuk siswa kelas XI jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Prosedur penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE adapun tahap-tahap yang dilakukan adalah sebagai berikut (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation (5) evaluation. Hasil pengembangan media pembelajaran ini telah divalidasi oleh ahli serta diuji cobakan kepada siswa. Hasil angket reviewer ahli materi memperoleh skor 92 3% (sangat valid) reviwer ahli media memperoleh skor 95% (sangat valid) uji kelompok kecil 93 8% (sangat valid). Hasil angket uji coba lapangan memperoleh skor 90 6% (sangat layak). Berdasarkan skor tersebut media pembelajaran dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajara ABSTRACT Rizal M. Sueib. 2017. Development of Learning Materials of Electric Motor Installation Based E-Learning for XI grade Student Majoring of Electrical Power Installation Techniques at Vocational Hight School level. Final Paper Electrical Engineering Department Fakulty of Engineering State University of Malang. Advisors (1) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (2) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M. Pd. Keywords development learning media e-learning installation of electric motors The results of interviews with teachers and students in Vocational High School State 1 Kediri Electric Motor Installation subjects is a compulsory subject that must be taken as a need to take subjects PLC-based Electric Motor Installation in the next semester. In this subject the teaching materials used are still old output books and the absence of e-learning based learning materials that can be accessed by students. Electric Motor Installation is a compulsory subject for students. The results of interviews with teachers and students subjects Installation of Electric Motors conducted in the Department of Electrical Power Utilization Installation Engineering Vocational High School State 6 Malang in the process of learning Electric Motor Installation often occur obstacles and obstacles during the teaching and learning process both from the school teachers and learners. The obstacles are one of them is the lack of teaching materials that can beaccessed by students independently especially teaching materials Electric Motor Installation based on e-learning. While the results of interviews conducted in Vocational High School PGRI 3 Malang is the activity and independence of students is still lacking due to the absence of adequate teaching materials so that teachers more actively explain so that students become passive and just follow the teacher explanation without the initiative to further develop. The purpose of this research development is to know the portrait of instructional material of Electric Motor Installation based on e-learning with LMS designing instructional material about Electric Motor Installation based on e-learning with LMS Edmodo and to know the feasibility test of E-learning Electric Motor Installation with LMS Edmodo for grade XI students majoring in Electrical Power Installation Engineering at Vocational High School level. The development research procedure used is the ADDIE model while the steps are as follows (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation (5) evaluation. Results of development this learning media has been validated by experts and tested to students. The result of the questionnaire is a reviewers of material experts obtained score 92.3% (Highly valid) reviewers of media experts obtained score 95% (Highly valid) and questionnaire from small group obtained score 93 8% (Highly valid). Result of questionnaire from field trials obtained score 90 6% (Highly worthy). Based on the score learning media declared valid and appropriate for use in learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47833

Actions (login required)

View Item View Item