Pengembangan modul praktikum matakuliah Lab PTE-04 pokok bahasan Sensor dan Tranduser untuk mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Dita Permata Putra

Putra, Dita Permata (2017) Pengembangan modul praktikum matakuliah Lab PTE-04 pokok bahasan Sensor dan Tranduser untuk mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Dita Permata Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra, Dita Permata. 2017. Pengembangan Modul Praktikum Matakuliah LAB PTE-04 Pokok Bahasan Sensor dan Tranduser Untuk Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muladi, S.T., M.T. (2) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. Kata kunci: Modul Praktikum, Sensor dan Tranduser Berdasarkan Katalog Jurusan Teknik Elektro tahun 2014, Matakuliah Sensor dan Tranduser merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Standar kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa adalah mengidentifikasi parameter dan karakteristik macam-macam Sensor dan Tranduser serta dapat menerapkannya pada sistem instrumentasi dan kontrol. Sesuai dengan Katalog Jurusan Teknik Elektro tahun 2014 tersebut Matakuliah Sensor dan Tranduser ini disajikan dalam pembelajaran teori dan praktikum yang dilakukan secara terpisah yang mana pembelajaran praktikum dimuat dalam Matakuliah LAB PTE-04. Oleh karena itu, untuk menunjang pembelajaran khususnya pada kegiatan Praktikum Matakuliah LAB PTE-04 Pokok Bahasan Sensor dan Tranduser, maka dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang baku dan relevan berupa modul praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Praktikum Matakuliah LAB PTE-04 Pokok Bahasan Sensor dan Tranduser untuk mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang dan mengetahui tingkat kelayakan Modul Praktikum LAB PTE-04 Pokok Bahasan Sensor dan Tranduser untuk mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Sadiman dkk. dengan prosedur: menganalisis kebutuhan dan karakteristik mahasiswa, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan materi pembelajaran, merumuskan alat pengukur keberhasilan, menyusun naskah/draft media, evaluasi, dan Produk Akhir. Pada tahap evaluasi, Modul Praktikum Sensor dan Tranduser divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi menunjukkan hasil sebesar 92,65% dan hasil validasi ahli media menunjukkan hasil sebesar 95,00%. Kemudian produk diuji cobakan kepada kelompok kecil dengan jumlah responden 20 mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro tahun 2015, Universitas Negeri Malang dan mendapatkan hasil sebesar 88,67%. Selanjutnya dilakukan uji coba kepada kelompok besar dengan jumlah responden 30 mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro tahun 2015, Universitas Negeri Malang dan mendapatkan hasil sebesar 92,56%. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar dapat disimpulkan bahwa Modul Praktikum Sensor dan Tranduser yang dikembangkan layak untuk digunakan. ABSTRACT Putra, Dita Permata. 2017. Development of Worklab Module LAB PTE-04, Sensor and Transducer Subject for Department of Electrical Engineering, State University of Malang. Essay, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Advisors: (1) Dr. Muladi, S.T., M.T. (2) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. Keywords: Worklab Module, Sensor and Transducer Based on the Catalog of Department of Electrical Engineering in 2014, Sensors and Transducer Subject is the compulsory course for students of Electrical Engineering Education S1 Program, State University of Malang. The standard of competence that must be mastered by students is to identify the parameters and characteristics of various Sensors and Transducer and can apply them to the instrumentation and control system. In accordance with the Catalog of Electrical Engineering Department in 2014 the Sensor and Transducer Course is presented in theory and practicum lessons conducted separately. Therefore, to support the learning especially on the activities of Worklab Module LAB PTE-04 Sensor and Transducer Discussion Points, it is required a standard and relevant learning media in the form of a practicum module. This research aims to develop Worklab Module LAB PTE-04 Sensor and Transducer Discussion Points for students of Electrical Engineering State University of Malang and know the feasibility level of Worklab Module LAB PTE-04 Sensor and Transducer Discussion Points for students of Electrical Engineering State University of Malang. This research uses a development model according to Sadiman et al. By procedures: analyzing the needs and characteristics of students, formulating learning objectives, formulating learning materials, formulating measurement tools, preparing media drafts, evaluations, and end products. At the evaluation stage, the Sensor and Transducer Practicum Module is validated by material experts and media experts. Expert material validation results show the result of 92.65% and the results of validation of media experts showed the results of 95.00%. Then the product tested try to small group with the number of respondents 20 students of Electrical Engineering Education Undergraduate Program Year 2015, State University of Malang and get the result of 88.67%. Furthermore, trials conducted to large groups with the number of respondents 30 students of Electrical Engineering Education Undergraduate Program in 2015, State University of Malang and get a result of 92.56%. Based on the validation of material experts, media experts, small group trials, and large group trials it can be concluded that the developed Practicum Sensor and Transducer Module is feasible to use. KATA PENGANTAR Alhamdulillah senantiasa terucap oleh penulis sebagai rasa syukur atas karunia, nikmat, kesehatan, ilmu, hidayah yang telah diberikan Allah AWT. Bersyukur atas ilmu dan kesehatan yang telah diberikan serta kemudian sehingga skripsi dengan judul ÔÇ£Pengembangan Modul Praktikum Matakuliah LAB PTE-04 Pokok Bahasan Sensor dan Tranduser untuk Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri MalangÔÇØ dapat terselesaikan. Dalam penyusunan proposal skripsi ini penulis mendapat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak saat menemui kesulitan dan hambatan dalam pengerjaannya. Sehingga kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada: 1.Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal skripsi ini. 2.Bapak Dr. H. Andoko, S. T., M. T. selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. 3.Bapak Dr. H. Hakkun Elmunsyah, S. T., M. T. selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. 4.Bapak Dr. Muladi, S. T., M. T. selaku koordinator skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro dan Dosen Pembimbing 1. 5.Bapak Drs. Slamet Wibawanto, M. T. selaku Dosen Pembimbing 2 dan ahli media dalam pengembangan yang dilakukan. 6.Ibu Dr. Eng. Siti Sendari, S. T., M. T. selaku ahli materi dalam media yang dikembangkan. 7.Bapak Dr. Eng. Mokh. Sholihul Hadi, S. T., M. Eng. selaku dosen penguji. 8.Kedua orang tua dan keluarga yang selalu mendoakan hal terbaik untuk anaknya. 9.Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tekni Elektro tahun 2013 yang selalu memberikan motivasi dalam penyusunan skripsi ini. 10.Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tekni Elektro tahun 2015 yang bersedia menjadi responden di tengah liburan semester. 11.Seluruh pihak yang telah membantu dan ikut serta dalam penyelesaian laporan ini. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan skripsi ini banyak kekeliruan dan kesalahan. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Malang, 17 Desember 2017 Penulis DAFTAR ISI ABSTRAK i ABSTRACT ii KATA PENGANTAR iii DAFTAR ISI v DAFTAR GAMBAR vii DAFTAR TABEL viii BAB I. PENDAHULUAN A.Latar Belakang Masalah 1 B.Tujuan Penelitian dan Pengembangan 4 C.Spesifikasi Produk yang Diharapkan 4 D.Pentingnya Penelitian dan Pengembangan 5 E.Asumsi dan Keterbatasan Penelitian dan Pengembangan 6 F.Definisi Operasional 6 BAB II. KAJIAN TEORI A.Kajian Teori 8 1.Modul 8 a.Pengertian Modul 8 b.Tujuan Modul 9 c.Karakteristik Modul 10 d.Sistematika/Struktur Modul 11 e.Elemen Mutu Modul 14 f.Langkah-langkah Pengembangan Modul . 17 2.Matakuliah Sensor dan Tranduser 23 3.Matakuliah LAB PTE-04 24 4.Model Penelitian dan Pengembangan menurut Sadiman dkk 25 a.Analisis Kebutuhan dan Karakteristik Siswa 25 b.Perumusan Tujuan 26 c.Perumusan Materi Pembelajaran 27 d.Perumusan Alat Ukur Keberhasilan 27 e.Penyusunan Naskah/Draft 27 f.Evaluasi 28 B.Penelitian yang Relevan29 BAB III. METODOLOGI PENGEMBANGAN A.Model Penelitian dan Pengembangan 31 B.Prosedur Penelitian dan Pengembangan 32 1.Analisis Kebutuhan dan Karakteristik Mahasiswa 32 2.Merumuskan Tujuan Pembelajaran 33 3Merumuskan Materi Pembelajran 35 4.Merumuskan Alat Pengukur Keberhasilan 35 5.Penyusunan Naskah/Draft Modul 36 6.Validasi Ahli 38 7.Uji Coba Produk 39 8Produk Akhir 41 C.Teknik Analisis Data 41 BAB IV. HASIL PENGEMBANGAN A.Hasil Rancangan Produk 44 B. Penyajian Data 45 1.Ahli Materi 45 2.Ahli Media 46 3.Uji Coba Kelompok Kecil 47 4.Uji Coba Kelompok Besar 48 C.Analisis Data 50 1.Ahli Materi 51 2.Ahli Media 53 3.Uji Coba Kelompok Kecil 55 4.Uji Coba Kelompok Besar 57 D.Revisi Produk 59 1Ahli Materi 60 2.Ahli Media 60 3.Uji Coba Kelompok Kecil 60 4.Uji Coba Kelompok Besar 62 BAB V. KAJIAN DAN SARAN A.Kajian Produk 63 B.Saran 64 1.Bagi Mahasiswa 65 2.Bagi Dosen/Asisten Dosen 65 DAFTAR RUJUKAN 66 LAMPIRAN 1 68 LAMPIRAN 2 72 LAMPIRAN 3 75 DAFTAR GAMBAR 3.1 Prosedur Penelitian dan Pengembangan menurut Sadiman dkk 32 3.2 Outline Rancangan Awal Modul 36 3.3a Desain Sampul Depan 37 3.3b Desain Sampul Belakang 37 3.4 Draft Isi Modul Praktikum yang dikembangkan 37 4.1 Modul Praktikum 1 dan 4 yang telah dikembangkan 44 4.2 Grafik Hasil Validasi Ahli Materi Setiap Aspek 50 4.3 Grafik Hasil Validasi Ahli Media Setiap Aspek 53 4.4 Grafik Hasil Uji Coba Kelompok Kecil Setiap Aspek 56 4.5 Grafik Hasil Uji Coba Kelompok Besar Setiap Aspek 58 4.6 Pemilihan Warna dan Desain Cover Modul Uji Coba 61 4.7 Pemilihan Warna dan Desain Cover Modul setelah direvisi 61 DAFTAR TABEL 2.1 Contoh Outline/Rancangan Penulisan Modul 21 3.1 Tujuan Pembelajaran Setiap Bab pada Modul 34 3.2 Jenis Data Penelitian 39 3.3 Kriteria Penskoran Skala Likert 39 3.4 Tingkat Penilaian 43 4.1 Hasil Validitas oleh Ahli Materi 46 4.2 Hasil Validitas oleh Ahli Media 47 4.3 Penilaian Setiap Aspek Uji Coba Kelompok Kecil 48 4.4P enilaian Setiap Aspek Uji Coba Kelompok Besar 49 4.5 Hasil Validasi Ahli Materi Tiap Butir 51 4.6 Hasil Validasi Ahli Media Tiap Butir 54

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47832

Actions (login required)

View Item View Item