Navianto, Idris (2017) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas XI SMK pada matapelajaran instalasi penerangan listrik / Idris Navianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Navianto Idris. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas XI SMK Pada Matapelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Proposal Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) Drs. Hari Putranto. Kata Kunci Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Instalasi Penerangan Listrik. Media pembelajaran dapat diartikan sebagai manusia materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan keterampilan atau sikap. Media digunakan dalam proses pembelajaran agar pembelajaran bisa lebih terfokus dan materi bisa tersampaikan dengan baik kepada siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan Waka Kurikulum SMKN 6 Malang bapak Agung Priyadi dan Kepala Jurusan Ketenagalistrikan Bapak Sugianto. Pembelajaran telah berlangsung dengan lancar tetapi terdapat beberapa permasalahan yang membuat hasil pembelajaran kurang optimal. Permasalahan yang ditemukan seperti (1) Adanya materi pembelajaran yang kurang lengkap atau tidak disajikan oleh guru (2) Kurangnya ketersediaan alat-alat atau media pembelajaran yang ada di kelas teori dan (3) Perlunya pengalaman belajar berupa video tutorial kepada siswa sebelum melakukan praktikum. Dari permasalahan-permasalaha tersebut peneliti bermaksud mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada matapelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Terdapat 5 langkah dalam model pengembangan ini yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Develop (4) Implement (5) Evaluate. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada matapelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Media pembelajaran ini memiliki ekstensi .exe sehingga mudah dalam pengoperasiannya. Untuk mengukur kelayakan media pembelajaran ini dilakukan uji validitas dan uji produk. Hasil dari analisa uji kelayakan berupa data dengan persentase uji validasi ahli media 84 2% uji validasi ahli materi 88 33% ujicoba perorangan 85 42% ujicoba kelompok kecil 81 79% dan ujicoba kelompok besar 82 74%. Dari hasil tersebut media pembelajaran sudah memenuhi kriteria sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |