Tutor ideal berdasarkan perspektif warga belajar (studi fenomenologi menurut pengalaman mengikuti program kesetaraan paket C SMA Alternatif Lab. PLS UM) / Tuantin Agustina

Agustina, Tuantin (2010) Tutor ideal berdasarkan perspektif warga belajar (studi fenomenologi menurut pengalaman mengikuti program kesetaraan paket C SMA Alternatif Lab. PLS UM) / Tuantin Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustina, Tuantin. 2009. Tutor Ideal Berdasarkan Perspektif Warga Belajar ( Studi Fenomenologi Menurut Pengalaman Warga belajar Mengikuti Program Kesetaraan Paket C SMA Alternatif Lab PLS UM). Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sanafiah S. Faisal (II) Dra. Dwi Maziyah M, Pd Kata Kunci: Tutor, Kesetaraan Tujuan pokok penelitian ini adalah mengungkap pemahaman serta makna tutor ideal berdasarkan perspektif warga belajar, sedangkan tujuan tersebut dijabarkan kedalam dua pertanyaan penelitian yaitu: (1) Bagaimana karakteristik kepribadian tutor yang ideal berdasarkan perspektif warga belajar? (2) Bagaimana karakteristik teknikal mengajar tutor yang ideal berdasarkan perspektif warga belajar? Peran tutor yang ideal sangat membantu warga belajar dalam belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti memperolah data dari subyek penelitian adapun data utama adalah warga belajar di Program Kesetaraan Paket C SMA Alternatif Lab PLS UM, sedangkan data tambahan diperoleh dari pengelola dan tutor.. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan , Ada dua hal yang sangat pokok yang membuat mereka suka atau ideal yakni karakteristik kepribadian tutor dan karakteristik teknikal mengajar tutor. Karakteristik tutor yang ideal menunjukkan bahwa sikap seorang pembimbing belajar bagi orang dewasa mempunyai arti dan pengaruh yang cukup besar, ketertarikan seseorang pada suatu obyek akan berbeda pusat perhatiannya pada seseorang yang tidak menarik. Sebab orang dewasa lebih kritis dari pada anak-anak sebab orang dewasa mempunyai bahan pertimbangan untuk menilai sikap pembimbing, sebab orang dewasa berpegang pada norma yang berlaku dalam kelompok atau lingkungan Keberadaan tutor ideal menurut perspektif warga belajar di Paket C SMA Alternatif dalam kegiatan pembelajaran, menunjukkan bahwa warga belajar lebih menyukai tutor yang cara mengajarnya sesuai dengan kebutuhan mereka dan yang bisa membuat mereka nyaman dalam proses belajar selama kegiatan belajar berlangsung dan memahami dengan jelas materi yang disampaikan oleh tutor. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada pengelola Program Kesetaraa Paket C SMA Alternatif Lab PLS UM bagi tutor untuk meningkatan pemahaman tentang andragogi khususnya yang berkaitan dengan tutor ideal. Peningkatan pemahaman tersebut dapat dilakukan melalui training, pengayaan, dan pendidikan agar dapat memenuhi harapan warga belajar sebagai tutor yang di idealkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4782

Actions (login required)

View Item View Item