Evaluasi sarana prasarana dan pengelolaan laboratorium dasar teknik elektronik Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari / Mizanul Ahsan - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi sarana prasarana dan pengelolaan laboratorium dasar teknik elektronik Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari / Mizanul Ahsan

Ahsan, Mizanul (2017) Evaluasi sarana prasarana dan pengelolaan laboratorium dasar teknik elektronik Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari / Mizanul Ahsan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahsan Mizanul. 2017. Evaluasi Sarana Prasarana dan Pengelolaan Laboratorium Dasar Teknik Elektronik Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto S.ST. M.Pd. (II) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci Evaluasi Sarana prasarana Laboratorium CIPP. Teknik Elektronika Industri merupakan salah satu program keahlian di SMK Negeri 2 untuk mempersiapkan para peserta didik menjadi teknisi pada bidang elektronika dan instrumen dalam dunia usaha atau dunia industri. Tersedianya sarana dan prasarana laboratorium merupakan hal terpenting dalam suatu instansi pendidikan untuk menunjang sebuah kegiatan pembelajaran. Sehingga diperlukan suatu evaluasi diri (self-evaluation) untuk mengukur kemampuan diri dari Sekolah Menengah Kejuruan dalam menghadapi perkembangan dunia usaha/dunia industri khususnya dalam aspek sarana prasarana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi (evaluation research) dengan model evaluasi konteks input proses dan produk (CIPP) komponen konteks mencakup tujuan program keahlian evaluasi pada komponen input yaitu sumber daya manusia dan sarana prasarana Laboratorium Dasar Teknik Elektronik evaluasi proses dilakukan pada penerapan dan manajemen Laboratorium sedangkan pada komponen produk dilakukan untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana yang tersedia di Laboratorium dengan motivasi belajar peserta didik. Pendekatan pada penelitian evaluasi ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh data konteks dan proses. Sedangkan pendekatan kuantitatif dilakukan untuk pengumpulan data input dan produk. Pengambilan data dilakukan dengan cara (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi dan (4) angket. Pada pengujian angket digunakan dengan validitas dan realibilitas. Analisis data kualitatif dilakukan melaui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan dengan statistik deksriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) konteks Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Singosari sesuai dengan kebutuhan sarana prasarana dan pengelolaan Laboratorium (2) input tenaga Laboratorium dalam kategori Sangat Baik (3) input sarana dan prasarana pada Laboratorium dalam kondisi Baik (4) proses pengelolaan sarana dan prasarana di Laboratorium telah sesuai dengan prosedur (5) produk kepuasan peserta didik terhadap sarana prasarana dan pengelolaan Laboratorium Dasar Teknik Elektronik Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Singosari adalah dalam kondisi Baik .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47818

Actions (login required)

View Item View Item