Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan prestasi belajar dalam mata pelajaran gambar teknik pada siswa kelas X SMK Negeri I Klabang Bondowoso / Patria Bagas Wiranda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan prestasi belajar dalam mata pelajaran gambar teknik pada siswa kelas X SMK Negeri I Klabang Bondowoso / Patria Bagas Wiranda

Wiranda, Patria Bagas (2017) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan prestasi belajar dalam mata pelajaran gambar teknik pada siswa kelas X SMK Negeri I Klabang Bondowoso / Patria Bagas Wiranda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiranda Patria Bagas. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Microsoft Visio untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran Gambar Teknik pada Siswa Kelas X SMKN 1 Klabang Bondowoso . Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.ST. M.Pd (2) Drs. Sujono M.T. Kata kunci Problem Based Learning (PBL) Keaktifan Hasil Belajar Pendidikan merupakan hal terpenting untuk membangun karakter bangsa yang dapat meningkatkan sumber daya manusia yang aktif kreatif dan inovatif. Sesuai yang diharapkan pada kurikulum 2013 yaitu pembelajaran menggunakan pendekatan yang bersifat alamiah model pembelajaran berbasis karakter dan keterampilan. Pendekatan ini menekankan pada perkembangan aspek pengetahuan keterampilan dan sikap. Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 1 Klabang jurusan Instalasi Tenaga Listrik guru masih belum sepenuhnya menerapkan pembelajaran saintifik tetapi cenderung menggunakan model konvensional yang termodifikasi kebanyakan guru masih belum menggunakan model pembelajaran yang bisa membuat keaktifan dan hasil belajar peserta didik meningkat. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang penyampaiannya dilakukan dengan cara menyajikan suatu permasalahan mengajukan pertanyaan memfasilitasi penyelidikan dan membuka dialog. Model pembelajaran seperti ini melibatkan interaksi peserta didik dengan peserta didik maupun peserta didik dengan pendidik hal tersebut bertujuan untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih aktif berbobot dan membuat siswa lebih kompetitif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas atau biasa disebut PTK yang dapat diartikan sebagai proses investigasi terkendali untuk menemukan dan memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan dua siklus dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi dimana peneliti akan menganalisa data yang diperoleh dengan cara tes observasi dan wawancara pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada siklus II sebesar 98 71% dengan kualifikasi Sangat Baik dibandingkan pada siklus I dan hasil belajar peserta didik yang sudah mencapai 100% dengan kualifikasi Sangat Baik pada siklus II dibandingkan pada siklus I yang perolehan pertemuan pertama 68 75% dan pertemuan kedua 81 25. Dari hasil tersebut menunjukkan keberhasilan penerapan model pembelajaran PBL yang bermanfaat untuk menjadikan peserta didik lebih aktif dan komunikatif dalam proses pembelajaran sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47816

Actions (login required)

View Item View Item