Ayubi, Afan Annur (2017) Pengembangan trainer smart relay secara ergonomi mata pelajaran sistem kontrol terprogram untuk siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Otomasi Industri di tingkat sekolah menengah kejuruan / Afan Annur Ayubi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ayubi Annur Afan. 2016.Pengembangan Trainer Smart Relay secara Ergonomi Matapelajaran Sistem Kontrol Terprogramuntuk Siswa Kelas XII Program KeahlianTeknikOtomasiIndustri di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (II) Drs. DwiPrihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Trainer Smart Relay Ergonomi Sistem Kontrol Terprogram Smart relay adalahperangkatkendali yang dapatdiprogramsecaraberulang-ulanguntukmenjalankanintruksilogika timer counter penjadwalan danpembacaan data analog.Smart relay semakinbanyakdigunakan di duniaindustrisehinggamenuntutsiswa SMK untukmempunyaisikap pengetahuandanketerampilantentangsmart relay khususnya untuk SMK program studi Teknik Otomasi Industri. Materi smart relay dapat diajarkan pada matapelajaran Sistem Kontrol Terprogram untuk kelas XII semester ganjil. Tujuandaripenelitian pengembanganiniadalah (1) Membuat trainer smart relaysecaraergonomismatapelajaranSistemKontrolTerprogramuntuksiswaKelas XII program keahlianTeknikOtomasiIndustri di tingkatSekolahMenengahKejuruan. (2) Mengidentifikasitingkatkelayakan trainer smart relaysecaraergonomismatapelajaranSistemKontrolTerprogramuntuksiswaKelas XII program keahlianTeknikOtomasiIndustri di tingkatSekolahMenengahKejuruan.Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) Anlyze (2) Design (3) Development (4) Implementation dan (5)Evaluation. Produk trainer dan manual book ini telah divalidasi oleh ahli (reviewer) serta telah diuji cobakan kepada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen melalui uji kelayakan dan uji keefektivan. Kelayakan trainer dan manual book diketahui berdasarkan hasil angket. Hasil angket reviewer mendapatkan persentase 95 73% (sangat valid) hasil angket siswa pada uji cobaperseorangan mendapatkan persentase92 8% (sangat valid) dan hasil angket siswa pada uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase94 43 % (sangat valid). Apabila di rata-rata secara keseluruhan persentase yang diperoleh adalah 94 32%. Berdasarkan persentase tersebut produk trainer dan manual book dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah.Uji keefektifan dilakukan dengan cara pengamatan oleh penamat (observer) ketita proses pembelajaran berlangsung. Hasil uji keefektifan trainer smart relay yang digunakan baik dan efektif terbukti melihat respon perhatian kemauan dan konsentrasi siswa saat proses pembelajaran berlangsung lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan trainer smart relay.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 06:21 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |