Pengembangan bahan ajar pemrograman berorientasi objek pada mata kuliah mikrokontroler untuk mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Irkham Maulana Marzuki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pemrograman berorientasi objek pada mata kuliah mikrokontroler untuk mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Irkham Maulana Marzuki

Marzuki, Irkham Maulana (2017) Pengembangan bahan ajar pemrograman berorientasi objek pada mata kuliah mikrokontroler untuk mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Irkham Maulana Marzuki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marzuki Irkham Maulana. 2016 Pengembangan Bahan Ajar pemrograman Berorientasi Objek pada Matakuliah Mikrokontroler Untuk Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suwasono M.T (2) Ahmad Fahmi S.T. MT. Kata kunci pengembangan bahan ajar mikrokontroler Pemrograman untuk mikrokontroler banyak mengalami perkembangan yang akhir-akhir ini mulai dipakai beberapa praktisi pemrograman mikro seperti arduino. Untuk bahasa pemrograman yang digunakan dalam Arduino adalah pemrograman berorientasi objek. Tapi kemudahan-kemudahan yang ditawarkan library-library Arduino baru bisa dirasakan setelah kita memiliki board Arduino karena library-library tersebut dikonfigurasi secara khusus supaya bekerja pada board-board Arduino. Adapun beberapa alasan yang menganggap matakuliah tersebut perlu di kembangkan di antaranya (1) belum terdapat modul untuk praktikum pemrograman berorientasi objek yang menarik (2) masih sebatas menggunkan class tidak disertakan pembuatan class dan fungsi dari class tersebut (3) ketika ingin memodifikasi program yang telah lama seringkali mahasiswa akan mengalami kesulitan. Model pengembangan bahan ajar ini adalah model yang telah dimodifikasi dari model pengembangan Sugiyono yang disesuaikan dengan kondisi pengalaman lapangan. Adapun langkah-langkah penelitian media bahan ajar yang digunakan adalah sebagai berikut (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain dan materi (5) revisi desain (6) uji coba produk (kelompok kecil) (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (kelompok besar) (9) revisi produk (10) produk akhir dan laporan. Berdasarkan pada hasil uji coba diperoleh presentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut (1) dari ahli materi diperoleh presentase sebesar 90 28%. (2) dari ahli media diperoleh presentase sebesar 92 31% (3) dari uji coba kelompok besar dipe ro leh presentase sebesar 90%. sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar pemrograman berorientasi objek sebagai media pembelajaran pada Matakuliah Praktikum Mikrokontroler Di Universitas Negeri Malang ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar. Mengetahui Ketua Program Studi S1 Pendidikan Teknik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47802

Actions (login required)

View Item View Item