Pengembangan modul dasar pengukuran listrik (alat ukur listrik) pada Program Studi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Wuriyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul dasar pengukuran listrik (alat ukur listrik) pada Program Studi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Wuriyaningsih

Wuriyaningsih (2016) Pengembangan modul dasar pengukuran listrik (alat ukur listrik) pada Program Studi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Wuriyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wuriyaningsih. 2016. Pengembangan Modul Dasar Pengukuran Listrik (Alat Ukur Listrik) pada Program Studi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd (2) Drs. Hari Putranto. Kata Kunci pengembangan modul dasar pengukuran listrik (alat ukur listrik). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa buku yang digunakan untuk mengajar matapelajaran Dasar Pengukuran Listrik khususnya yang membahas teori tentang alat ukur listrik masih belum sesuai dengan Kompetensi Dasar pada silabus program studi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Kegiatan belajar mengajar berjalan dengan kondusif namun terdapat beberapa siswa yang tidak fokus mendengarkan penjelasan guru. Hal ini berdampak pada penguasaan dan pemahaman siswa kurang optimal dikarenakan pengetahuan yang didapatkan masih bersumber dari guru sehingga referensi yang dibutuhkan untuk menunjang matapelajaran Dasar Pengukuran Listrik sangat berpengaruh pada proses pembelajaran. Penelitian yang berjudul Pengembangan Modul Dasar Pengukuran Listrik (Alat Ukur Listrik) pada Program Studi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa modul yang dapat membantu guru dan siswa dalam mempelajari materi dasar pengukuran listrik khususnya materi alat ukur listrik. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Sugiyono. Prosedur pengembangan modul pada penelitian meliputi 10 tahap yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi masal. Hasil dari penelitian berupa modul pembelajaran yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh validasi ahli materi 1 yang menyatakan 90.21 % valid validasi ahli materi 2 yang menyatakan 92.39 % valid validasi ahli media menyatakan 89.70% valid uji coba kelompok kecil menyatakan 86.03 % layak digunakan dan uji coba kelompok besar menyatakan 85.59 % layak. Berdasarkan persentase tersebut maka modul dasar pengukuran listrik (alat ukur listrik) ini layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran pada matapelajaran Dasar Pengukuran Listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47791

Actions (login required)

View Item View Item