Prasetyo, Budi (2016) Perbedaan hasil belajar dalam mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievemen Divisions (STAD) dan model inkuiri terbimbing pada siswa kelas X SMKN 1 Singosari / Budi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasetyo Budi. 2016Perbedaan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Menggunakan Model Pembelajaran Student TeamsAchievement Divisions (STAD) dan Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas X SMKN 1 Singosari Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (2) Ahmad Fahmi ST. M.T. Kata Kunci Hasil Belajar kognitif Student TeamsAchievement Divisions(STAD) Inkuiri Terbimbing. Penerapan pembelajaran konvensional atau ceramah yang masih digunakan guru SMKN 1 Singosari membuat siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar membuat menurunnya peran siswa dalam pembelajaran kejenuhan siswa dalam pembelajaran apabila guru hanya mengajar suatu materi dengan metode konvensional dan tanya jawab yang berfungsi untuk membuat siswa paham apa yang dimaksudkan oleh guru (teacher center). Untuk memberikan alternatif solusi dalam permasalahan pembelajaran kelas khususnya untuk kelas X TIPTL penulis mencoba menerapkan model pembelajaran lain yang melibatkan peran siswa. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Student TeamsAchievement Divisions(STAD) dan model pembelajaran inkuiri termbimbing. Pada model pembelajaran Student TeamsAchievement Divisions(STAD) siswa dituntut berperan aktif dalam bentuk kelompok untuk memecahkan masalah dalam bentuk diskusi kelompok dan saling membantu sesama teman sebaya lalu menyampaikan informasi yang didapat berupa presentasi dan mereview kembali berupa kuis atau tes. Model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa lebih dituntut aktif mendefinisikan menyelidiki masalah merumuskan hipotesis melakukan eksperimen menemukan data dan menyimpulkan dimana suasana belajar berpusat pada siswa dengan harapan memberikan pengaruh positif dalam pembelajaran SMKN 1 Singosari. Metode penelitian adalah Quasi eksperimen dengan memmberikan pretest untuk mengetahui nilai awal rata-rata kelas kemudian kelas X TIPTL 1 diberikan perlakuan berupa model pembelajaran STAD dan kelas X TIPTL 2 diberi perlakuan model pembelajaran Inkuiri terbimbing dilanjutkan dengan pemberian postest untuk mengambil dan membandingkan hasil belajar kelas X TIPTL 1 setelah diberi perlakuan model pembelajaran STAD dan kelas X TIPTL 2 dengan model Pembelajaran Inkuiri terbimbing. Hasil belajar kelas A yakni kelas X TIPTL 1 yang diberi perlakuan model pembelajaran STAD mengalami peningkatan kemampuan dalam hasil belajar kognitif dengan hasil rata-rata 46 82 menjadi 68 08 setelah diberikan model pembelajaran STAD Hasil belajar kelas B yakni kelas X TIPTL 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran Inkuiri terbimbing mengalami peningkatan kemampuan dalam hasil belajar kognitif dengan hasil rata-rata 50 45 menjadi 70 69 setelah diberikan model pembelajaran Inkuiri terbimbing.Hasil analisa penerapan model pembelajaran STAD dan model pembelajaran Inkuiri terbimbing menujukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa ranah kognitif dengan menggunakan model pembelajaran Student TeamsAchievement Divisions(STAD) dan model pembelajaran inkuiri terbimbing antara siswa kelas A ( X TIPTL 1) dengan siswa kelas B ( X TIPTL 2) berdasarkan hasil uji-t yang memperoleh nilai signifikansi (p) 0 177. Karena signifikansi (p) 0 177 0 05 maka H0 diterima dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Student TeamsAchievement Divisions(STAD) dan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada matapelajaran dasar dan pengukuran listrik tidak ada perbedaan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |