Firdaus, Alfian (2016) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada matapelajaran pembangkit tenaga listrik untuk siswa kelas X SMK semester ganjil / Alfian Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTARK Firdaus Alfian. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Pada Matapelajaran Pembangkit Tenaga Listrik untuk Siswa Kelas X SMK Semester Ganjil. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd (II) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata kunci Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Pembangkit Tenaga Listrik Permasalahan pembelajaran yang ada di SMK PGRI 3 Malang adalah kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Pembangkit Tenaga Listrik karena dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan buku paket dan media power point yang masih kurang untuk di jadikan sebuah media pembelajaran. Dari permasalahan tersebut dilakukan sebuah penelitian pengembangan media pembelajaran Pembangkit Tenaga Listrik berbantuan komputer. Model penelitian yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran Pembangkit Tenaga Listrik adalah Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba produk (9) Revisi produk (10) Produksi massal. Hasil akhir dari penilitian pengembangan ini adalah media pembelajaran Pembangkit Tenaga Listrik berbentuk Adobe Flash CS3 yang dibuat dalam bentuk CD (Compact Disk). Validasi dilakukan oleh beberapa ahli (1) Validasi oleh media memperoleh 85% yang menyatakan media pembelajaran sangat layak digunakan (2) Validasi oleh ahli materi I memperoleh 89 06% yang menyatakan media pembelajaran sangat layak digunakan (3) Hasil uji coba oleh ahli materi II dengan guru memperoleh 98 07% yang menyatakan media sangat layak digunakan (4) Hasil uji coba oleh siswa memperoleh 87 11% yang menyatakan media sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pembangkit Tenaga Listrik berbantuan komputer dinyatakan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran di SMK PGRI 3 Malang khususnya pada matapelajaran Pembangkit Tenaga Listrik. Saran dari peneliti lebih lanjut untuk pengembangan media pembelajaran Pembangkit Tenaga Listrik dapat dikembangkan untuk materi yang lain dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian pengembangan ini terbatas hanya utuk menghasilkan media pembelajaran dan menguji tingkat kelayakannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47782 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |