Arrosidi, Moh Dafir (2016) Hubungan antara tingkat efektifitas pemanfaatan sarana pembelajaran lab. elektro dan pelayanan penggunaan lab. elektro terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro angkatan tahun 2013 dan 2012 Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (UM) / Moh Dafir A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Arrosidi Dafir Mohammad. 2016. Hubungan Antara Tingkat EfektivitasPemanfaatanSaranaPembelajaran Lab. ElektrodanPelayananPenggunaan Lab.ElektroTerhadapMotivasiBelajarMahasiswaPendidikanTeknikElektroAngkatanTahun 2013 dan 2012FakultasTeknikUniversitas Negeri Malang. Skripsi Program Study S1 PendidikanTeknikElektro JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang (UM). Pembimbing (I) Dr.H. Tri Atmadji Sutikno M.Pd.(II)Drs. Dwi Prihanto S.S.T .M.Pd. Kata Kunci EfektivitasPemanfaatanSaranaPembelajaran Lab. Elektro PelayananPenggunaan Lab. Elektro MotivasiBelajar. Kegiatanpembelajaran di JurusanElektrosalahsatukomponenpendukung yang dapatmeningkatkanmotivasibelajarmahasiswaelektroadalahsaranapembelajaran yang ada di Lab. Elektrodanpelayanan yang ada di Lab. Elektro.Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap hubungan antara (1) efektivitas pemanfaatan sarana pembelajaran Lab. Elektro (X1) terhadap motivasi belajar(Y) (2) pelayanan penggunaan Lab. Elektro (X2) terhadap motivasi belajar (Y) dan (3) efektivitas pemanfaatan sarana pembelajaran Lab. Elektro(X1) dan pelayanan penggunaan Lab. Elektro (X2) terhadap motivasi belajar mahasiswa elektro (Y). Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkorelasional. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa S1 PTE 2012 dan 2013 yang telahberpengalamandalammengikutikegiatan di Lab. Elektro. Sampel penelitian ini mengambil data populasi secara keseluruhan atau disebut dengan penelitan populasi. Hasil penelitan (1) terdapat hubungan yang signifikan antara X1 dan Y dimana nilai korelasi parsialnya (r1) sebesar 0 212 (2) terdapat hubungan yang signifikan antara X2 dan Y dimana nilai korelasi parsialnya (r2) sebesar 0 224 (3) terdapat hubungan yang siginifikan antara X1 dan X2 terhadap Y dengan nilai (R) sebesar 0 291 nilai signifikansi 0 023 dan nilai F sebesar 3 933. Sumbangan relatif X1 dengan Y sebesar 51% dan sumbangan relatif X2 terhadap Y sebesar 49%. Sedangkan sumbangan sumbangan efektif X1 dengan Y sebesar 4% dan sumbangan efektif X2 dengan Y sebesar 4%. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang signifikan antara (X1) dan (Y) (2) ada hubungan yang signifikan atara (X2) dan (Y) dan ada hubungan yang signifikan antara (X1) dan (X2) dan secara simultan dengan (Y).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |