Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik pada siswa kelas X di SMKN 6 Malang / Satria Putra Permana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik pada siswa kelas X di SMKN 6 Malang / Satria Putra Permana

Permana, Satria Putra (2016) Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik pada siswa kelas X di SMKN 6 Malang / Satria Putra Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permana Satria Putra. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik pada Siswa Kelas X di SMKN 6 MALANG. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (II) Drs. Sujono M.T. Kata kunci Penelitian Tindakan Kelas Model Kemmis McTaggart Problem Solving Keaktifan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Permasalahan pembelajaran yang terjadi di SMKN 6 Malang adalah saat proses pembelajaran terdapat siswa yang merasa jenuh mengantuk dan bermain gadget kurang aktifnya dalam bertanya menjawab pertanyaan dan menyampaikan pendapat dalam mengikuti pembelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Berangkat dari permasalahan tersebut dilakukan sebuah Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada matapelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Metode penelitian yang digunakan adalah model Kemmis McTaggart yang merupakan pengembangan dari metode Kurt Lewin. Hasil penelitian ditandai dengan meningkatnya keaktifan dan hasil belajar 32 siswa di kelas X-L2 pada ranah pengetahuan sikap keterampilan dan keaktifan. Keaktifan siswa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 81 88 dengan 26 siswa tuntas siklus 2 sebesar 84 dengan 29 siswa tuntas dan siklus III sebesar 85 57 dengan 32 siswa tuntas. Peningkatan hasil belajar siswa yang mencakup ranah pengetahuan sikap dan keterampilan dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 81 64 siklsu II sebesar 83 46 dan siklus III sebesar 86 3. Keterlaksaan skenario pembelajaran dengan nilai siklus I sebesar 78 50 siklsu II sebesar 85 dan siklus III sebesar 89 50. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan dengan model pembelajaran problem solving di kelas X pada matapelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik dapat meningkatkan hasil belajar ranah keaktifan keterampilan sikap dan pengetahuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47777

Actions (login required)

View Item View Item