Hubungan keteladanan dosen dan persepsi mahasiswa terhadap karir keguruan dengan minat menjadi guru pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Adiba Hasna Primadewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keteladanan dosen dan persepsi mahasiswa terhadap karir keguruan dengan minat menjadi guru pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Adiba Hasna Primadewi

Primadewi, Adiba Hasna (2016) Hubungan keteladanan dosen dan persepsi mahasiswa terhadap karir keguruan dengan minat menjadi guru pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Adiba Hasna Primadewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Primadewi Adiba Hasna. 2016. Hubungan Keteladanan Dosen dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Karir Keguruan dengan Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Setiadi Cahyono Putro M.Pd. M.T. (II) Drs.Wahyu Sakti Gunawan Irianto. M.Kom. Kata kunci Minat menjadi Guru Keteladanan dosen Persepsi karir keguruan Beberapa faktor yang berhubungan dengan minat menjadi guru (Y) antara lain keteladanan dosen (X1) dan persepsi mahasiswa terhadap karir keguruan (X2). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Y X1 dan X2 serta mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dengan Y X2 dengan Y X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian ex post facto menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian adalah deskriptifkorelasional. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas linearitas multikolinearitas heteroskedastisitas dan hipotesis yang telah memenuhi syarat. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi parsial dan regresi ganda. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang dengan subyek penelitian mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2013. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik proporsional random sampling.Dari total populasi sejumlah 125 mahasiswa dengan standar eror 5% didapatkan 98 orang mahasiswa sebagai sampel. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa keteladanan dosen memiliki hubungan positif dan tidak signifikan terhadap minat menjadi guru dengan koefisien regresi 0 168. Variabel persepsi mahasiswa tentangkarir keguruanmemiliki hubunganpositifdan signifikan terhadap minat menjadi guru hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi 0 850. Uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel keteladanan dosen dan persepsi mahasiswa terhadap karir keguruanmemiliki hubungan yang signifikan terhadap minat menjadi guru ditunjukkan dengan nilai F sebesar 9 235. Diketahui pula hasil regresi bahwa nilai R Square 0 462 yang artinya proporsi perubahan total variabel keteladanan dosen dan persepsi mahasiswa terhadap karir keguruan sebesar 46 2%. Sedangkan sisanya sebesar 53 7% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang diajukan kepada peneliti selanjutnya adalah perlu adanya penelitian tindak lanjut untuk meneliti variabel lain selain variabel keteladanan dosen dan persepsi mahasiswa terhadap karir keguruan yang dapat mempengaruhi minat menjadi guru. Selain itu bagi seluruh pihak yang terlibat dalam proses belajar mengajar harus bersinergi dan saling mendukung agar tujuan lembaga kependidikan tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47776

Actions (login required)

View Item View Item