Pengembangan trainer teknik listrik dasar dengan model project based learning untuk pembelajaran siswa kelas X teknik otomotif di SMK Negeri 1 Mojokerto / Dani Irwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer teknik listrik dasar dengan model project based learning untuk pembelajaran siswa kelas X teknik otomotif di SMK Negeri 1 Mojokerto / Dani Irwanto

Irwanto, Dani (2016) Pengembangan trainer teknik listrik dasar dengan model project based learning untuk pembelajaran siswa kelas X teknik otomotif di SMK Negeri 1 Mojokerto / Dani Irwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irwanto Dani. 2016. Pengembangan Trainer TeknikListrikDasarDengan Model Project Based LearningUntukPembelajaranSiswaKelas X TeknikOtomotif Di SMK Negeri 1 Mojokerto.Skripsi Program StudiPendidikanElektro JurusanTeknik Elektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Drs.DwiPrihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci Trainer TeknikListrikDasar Project Based Learning. Berdasarkanhasilobservasidanpengamatan Program StudiKeahlianTeknikOtomotif yang terdiridariPaketKeahlianTeknikSepeda Motor danTeknikKendaraanRingan di SMK Negeri 1 Mojokertobahwa (a) kegiatanbelajarmatapelajaranTeknikListrikDasarOtomotif yang mengacupadakompetensidasar yang berisikompetensitentangmenerapkandasarlistrikselamainihanyadisampaikanmelaluimateriteorisajatanpaadanya media yang bisadigunakansebagaialatpraktek (b) model pembelajaran yang digunakanmasihmenggunakan model pembelajaran yang tidakterpusatpadasiswa (c) materi yang disampaikankurangbisadipahamipesertadidikdikarenakanbelumadanya media yang bisamemperagakandanmensimulasikanmateri yang dipelajari sehinggaberdampakpadapemahamanmaupunkompetensisiswatentangkelistrikanotomotiftingkatselanjutnyadanhasilbelajarpesertadidik yang tidakmaksimal. Prosedurpenelitianpengembangan yang digunakanadalah model pengembangan ADDIE.Produk yang dihasilkandaripengembanganiniadalah media pembelajaranberupa trainer yang disertaidenganLembarKerjaSiswa .Pengimplementasianpengembanganinimenggunakan model Project Based Learning. Berdasarkanhasilpengujiankelayakandanefektifitas trainer TeknikListrikDasardiketahuibahwaskorujikelayakanisimateridandesainpembelajaranmemperolehtingkatkelayakandenganpersentase 82 5% dengankategorisangatlayak. Sedangkanujiunjukkerjadankemudahanpengoperasianolehahli media memperolehtingkatkelayakandenganpersentase 93 75% dengankategorisangatlayak. Kemudianhasilujiefektifitasmenunjukkanadanyamenunjukkanadanyakorelasi yang cukupsignifikanantarasebelumdansesudahperlakuan.Sehinggadapatdisimpulkanbahwa trainer iniefektifdigunakandalamkegiatanpembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47775

Actions (login required)

View Item View Item