Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer untuk siswa kelas X SMK smester ganjil pada mata pelajaran instalasi listrik dasar / Dendy Dewa Widjaya Putra

Putra, Dendy Dewa Widjaya (2016) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer untuk siswa kelas X SMK smester ganjil pada mata pelajaran instalasi listrik dasar / Dendy Dewa Widjaya Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewa Widjaya Putra, Dendy. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Untuk Siswa Kelas X SMK Semester Ganjil Pada Matapelajaran Instalasi Listrik Dasar. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd (II) Drs. Hari Putranto. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Berbantuan Komputer, Instalasi Listrik Dasar Permasalahan pembelajaran yang terjadi di SMK PGRI 3 Malang adalah kurang minatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran Instalasi Listrik Dasar, karena guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan buku paket dan media yang digunakan masih berupa powerpoint.Berangkat dari permasalahan tersebut, dilakukan sebuah penelitian pengembangan media pembelajaran Instalasi Listrik Dasar berbantuan komputer. Hasil produk dari media pembelajaran ini berupa kaset CD (Compact Disk). Tujuan dari pembuatan media pembelajaran Instalasi Listrik Dasar adalah (1) Merancang media pembelajaran instalasi listrik dasar berbantuan komputer untuk SMK (2) Mengembangkan media pembelajaran Instalasi Listrik Dasar berbantuan komputer untuk SMK (3) Mengujicoba kelayakan media pembelajaran Instalasi Listrik Dasar berbantuan komputer untuk SMK. Model penelitian yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah model Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draft produk, (4) Uji coba lapangan awal, (5) Merevisi hasil uji coba, (6) Uji coba Lapangan, (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) Uji pelaksaan lapangan, (9) Penyempurnaan produk akhir, (10) Diseminasi dan implementasi. Hasil akhir dari penelitan pengembangan ini adalah media pembelajaran Instalasi Lisrik Dasar berbentuk Adobe flash CS3, yang dikemas dalam bentuk CD (Compact Disk). Validasi dilakukan oleh beberapa ahli, (1) Validasi oleh ahli media mencapai 91,25% yang menyatakan media pembelajaran sangat layak digunakan, (2) Validasi oleh ahli materi mencapai 89,70% yang menyatakan media pembelajaran sangat layak digunakan (3) Hasil ujicoba oleh guru mencapai 98,53% yang menyatakan media sangat layak digunakan (4) Hasil uji coba siswa mecapai 92,50% yang menyatakan media sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Instalasi Listrik Dasar berbantuan komputer dinyatakan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran di SMK PGRI 3 Malang, khususnya pada mata pelajaran Instalasi Listrik Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47771

Actions (login required)

View Item View Item