Pengembangan bahan ajar instrumentasi virtual berbasis labview pada mata kuliah instrumentasi industri program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro FT UM / Monika Faswia Fahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar instrumentasi virtual berbasis labview pada mata kuliah instrumentasi industri program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro FT UM / Monika Faswia Fahmi

Fahmi, Monika Faswia (2016) Pengembangan bahan ajar instrumentasi virtual berbasis labview pada mata kuliah instrumentasi industri program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro FT UM / Monika Faswia Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fahmi Monika Faswia. 2016. PengembanganBahan Ajar Instrumentasi Virtual BerbasisLabviewPada Mata KuliahInstrumentasiIndustri Program Studi S1 PendidikanTeknikElektroJurusanTeknikElektro FT UM. Skripsi JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Drs. SlametWibawanto M. T. (2) Dyah Lestari S. T. M. Eng. Kata Kunci Bahan Ajar Project Based Learning (PBL) Instrumentasi Virtual Labview Mata kuliahInstrumentasiIndustrimerupakansalahsatumatakuliahwajibbagimahasiswa program studi S1 PendidikanTeknikElektro FT UM. Berdasarkanhasilwawancaradengandosenpengampumatakuliahdan data angketobservasikesampelacakmahasiswaJurusanTeknikElektro yang telahmenempuhmatakuliahInstrumentasiIndustri secaraumumpembelajaran yang telahdilakukandirasabelumefektif karena (1) mahasiswadituntundengankuliahteori yang detail (2) praktikumdilakukandenganlangkah-langkahkerja yang sudahdiberitahukandenganrinci (3) kurangnyatantanganpermasalahan yang dihadapimahasiswadalampembelajaran. Tujuandaripenelitianpengembanganiniadalah (1) untukmengembangkanbahan ajar Instrumentasi Virtual BerbasisLabview yaitubahan ajar berbasisproyekuntukmahasiswa bahan ajar berbasisproyekuntukinstruktur trainer danmanual book Instrumentasi Virtual BerbasisLabview (2) mengujikelayakandanketerterapanbahan ajar Instrumentasi Virtual BerbasisLabviewpadamatakuliahInstrumentasiIndustri Program Studi S1 PendidikanTeknikElektro JurusanTeknikElektro FT UM. Model pengembangan yang digunakanpadapenelitianpengembanganiniadalah model Dick and Carey (1990) yang telahdisesuaikandenganobjekpenelitian. Langkah-langkahnyaadalah (1) identifikasitujuanpembelajaran (2) analisisinstruksional (3) analisispebelajardankonteks (4) merumuskantujuanpembelajarankhusus (5) mengembangkanalatatauinstrumenpenilaian (6) mengembangkanstrategipembelajaran (7) mengembangkandanmemilihbahan ajar (8) merancangdanmelaksanakanevaluasiformatif dan (9) melakukanrevisi. Data yang dihimpunpadaevaluasiformatifberupadata kuantitatifdan data kualitatif. Data kuantitatifdiperolehdariangkettertutupmengenaikelayakan format danisibahan ajar yang dikembangkan sedangkan data kualitatifdiperolehdariangketterbukamengenaiketerterapanbahan ajar padapelatihanInstrumentasi Virtual BerbasisLabview yang diadakan. Hasil data kuantitatifevaluasibahan ajar Instrumentasi Virtual BerbasisLabview yang dilakukandalamtigatahapanadalahsebagaiberikut (1) evaluasiperseoranganolehreviewerpertamasebesar 98 05% sedangkanolehreviewerkeduasebesar 98 91% (2) evaluasikelompokkecilsebesar 92 15% dan (3) evaluasilapangansebesar 90 59%. Sedangkanrangkumanhasil data kualitatifdaritigatahapanevaluasiformatifadalahbahan ajar yang dikembangkansangatlayakdandapatdigunakan di kelas.Padaimplementasibahan ajar yang dikembangkanselanjutnyadiperlukanpertimbanganwaktu yang lebih agar pembelajaranInstrumentasi Virtual BerbasisLabviewmenggunakan model project based learning (PBL) terlaksanadenganbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47770

Actions (login required)

View Item View Item