Robot humanoid soccer sebagai trainer pembelajaran matakuliah Robotika di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Choirul Ulfa Kusumohadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Robot humanoid soccer sebagai trainer pembelajaran matakuliah Robotika di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Choirul Ulfa Kusumohadi

Kusumohadi, Choirul Ulfa (2016) Robot humanoid soccer sebagai trainer pembelajaran matakuliah Robotika di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Choirul Ulfa Kusumohadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumohadi Choirul U. 2016. Robot Humanoid Soccersebagai Trainer Pembelajaran Matakuliah Robotika di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi S1 PendidikanTeknikElektro JurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eng.Siti Sendari S.T. M.T. (2) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci trainer robot humanoid navigasi robot job sheet. Laboratorium Robotika di JurusanTeknikElektroUniversitasNegeri Malang (TE-UM) sejauh ini masihmengembangkan trainer robot humanoid. Sementara kompetensi pada bidang robotika di tingkat perguruan tinggi di Indonesia sudahmenuntutuntuk dapat mengaplikasikan robot humanoid yang ditunjukkan dengan adanya Kontes Robot SeniIndonesia (KRSI) danKontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).Solusialternatif yang dapatdilakukanadalahmenambahkanmediapembelajaranmatakuliahRobotikadi JurusanTeknikElektro UM. Mediatersebutberupatrainerrobot humanoid soccer yang dilengkapidenganjob sheetpraktikumdanbuku manual. Prosedurpenelitiandanpengembangan yang digunakanadalah model pengembanganSadiman yang telahdisesuaikan.ProsedurpenelitianSadimanpadapenelitianinisebagaiberikut (1) identifikasikebutuhan dankarakteristikmahasiswa (2) perumusantujuanpembelajaran (3) perumusanbutir-butirmateri (4) perumusankisi-kisipengukurkelayakan media (5) perancangandanpembuatan media dan(6) evaluasi media.Dalam proses evaluasiterdapatbeberapakegiatanyaituvalidasi ujicoba danrevisi. Validasidilakukanuntukmengetahuivaliditasproduksebelumdiujicoba. Sedangkanujicobadilakukanuntukmengetahuikelayakanproduk.Revisidilakukanuntukmenyempurnakanprodukmenjadilebihbaiklagi. Dalamproses pengumpulan data digunakanmetodeangketdenganskalarating scale.Setelah data didapat dilakukananalisisuntukmenentukanapakah media layakatautidak. Validasiprodukdilakukanolehdua orang ahliuntukmenentukanapakahproduklayakuntukdiujicobaatautidak yaitudenganvalidasiolehahlimateridanahli media. Persentasehasilvalidasiolehahlimateri93 06%.Sedangkanhasilvalidasiolehahli media mencapaipersentasevaliditas93 32%.Dari hasilvalidasidisimpulkanbahwaproduksudahsiapuntukdiujicobasetelahrevisi.Ujicobaprodukdilakukansebanyaktiga kali yaituujicobasatulawansatu ujicobakelompokkecil danujicobakelompokbesar. Persentasekelayakanujicobasatulawansatu 94.44% ujicobakelompokkecil 89.86% danujicobakelompokbesar 91.38%. Hasilanalisisberdasarkanpersentasekelayakanmenunjukkanbahwaproduksudahsangatlayakdandapatdiimplementasikandalampembelajaransebenarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47769

Actions (login required)

View Item View Item