Pengembangan buku ajar mata pelajaran teknik listrik Program Studi Keahlian Teknik Elektronika berbasis scientific approach untuk siswa kelas X di SMK / Rizky Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar mata pelajaran teknik listrik Program Studi Keahlian Teknik Elektronika berbasis scientific approach untuk siswa kelas X di SMK / Rizky Amalia

Amalia, Rizky (2016) Pengembangan buku ajar mata pelajaran teknik listrik Program Studi Keahlian Teknik Elektronika berbasis scientific approach untuk siswa kelas X di SMK / Rizky Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia Rizky. 2016. PengembanganBuku Ajar Mata PelajaranTeknikListrik Program StudiKeahlianTeknikElektronikaBerbasisScientific Approach untukSiswaKelas X di SMK. Skripsi JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II)YuniRahmawati S.T. M.T. Kata Kunci Buku Ajar TeknikListrik Scientific Approach. Mata Pelajaran Teknik Listrik merupakan mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh siswa kelas X termasuk dalam kelompok mata pelajaran produktif pada Program Studi Keahlian Teknik Elektronika. Permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran Teknik Listrik adalah buku yang tersedia adalah buku lama yang tidak direkomendasikan sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Karena guru tidak dapat membuat buku ajar yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Model pembelajaran yang digunakan masih terpaku pada guru serta kesulitan guru dalam menggunakan model pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Berkaitan hal tersebut maka dilakukan pengembangan buku ajar mata pelajaran Teknik Listrik berbasis scientific approach. Tujuan pengembangan buku ajar ini adalah (1) Merancang buku ajar Mata Pelajaran Teknik Listrik Program Studi Keahlian Teknik Elekronika berbasis scientific approach untuk siswa kelas X di SMK (2) Mengembangkan buku ajar Mata Pelajaran Teknik Listrik Program Studi Keahlian Teknik Elekronika berbasis scientific approach untuk siswa kelas X di SMK (3) Menguji kelayakan buku ajar Mata Pelajaran Teknik Listrik Program Studi Keahlian Teknik Elekronika berbasis scientific approach untuk siswa kelas X di SMK. Model pengembangan yang digunakanadalah model pengembanganSadiman denganlangkahpengembangan (1) IdentifikasiKebutuhan (2) PerumusanTujuan (3) PerumusanButir-butirMateri (4) PerumusanAlatPengukurKeberhasilan (5) PenulisanNaskah Media (6) Tes/Ujicobadanrevisi (7) NaskahSiapdiproduksi. Instrumen yang digunakanuntukvalidasidanujicobakelayakanbuku ajar meggunakanangketdenganpedomanpenilaianbukuteksberdasarkan BSNP. Hasilpengembangandiperolehbuku ajar inimemenuhikriteriasangat valid danlayakdigunakansetelahdiadakanvalidasidanujicobapadaahlimateriuntukbuku ajar siswadenganprosentasesebesar 90 74% danbuku ajar guru denganprosentasesebesar 92 5% padaahli media untukbuku ajar siswadenganprentasesebesar 94 83% danbuku ajar guru denganprosentasesebesar 96% padaujicobabuku ajar siswasatulawansatudenganprosentasesebesar 94 64% kelompokkecildenganprosentasesebesar 94 74% danlapangandenganprosentasesebesar 93 54%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar teknik listrik layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47767

Actions (login required)

View Item View Item