Pengembangan trainer inverter 1 fasa menggunakan General Purpose Inverter Controller (GPIC) berbasis Laboratory Virtual Instrumentation Engineering Workbench (LABVIEW) untuk menunjang matakuliah pembangkit tenaga listrik bagi mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Unive - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer inverter 1 fasa menggunakan General Purpose Inverter Controller (GPIC) berbasis Laboratory Virtual Instrumentation Engineering Workbench (LABVIEW) untuk menunjang matakuliah pembangkit tenaga listrik bagi mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Unive

Zulkarnain, Arief Zakaria (2016) Pengembangan trainer inverter 1 fasa menggunakan General Purpose Inverter Controller (GPIC) berbasis Laboratory Virtual Instrumentation Engineering Workbench (LABVIEW) untuk menunjang matakuliah pembangkit tenaga listrik bagi mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Unive. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zulkarnain Arief Zakaria. 2016. Pengembangan Trainer Inverter 1 Fasa Menggunakan General Purpose Invereter Controller (GPIC) berbasis Laboratory Virtual Instrumentation Engineering Workbench (LabVIEW)Untuk Menunjang Matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik Bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Mohamad Rodhi Faiz S.T. M.T. (2) Drs. Sujono M.T. Kata Kunci pengembangan trainer GPIC inverter. Dalam matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik diikuti dengan pembelajaran melaluipraktikum sering menggunakan trainer dalam proses pembelajarannya. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan dosen pengampu matakuliah Pembangkit Tenaga Listrikpembelajarannya sudah dilakukan dengan baik namun untuk materi yang berkaitan dengan on grid system masih kurang sarana. Selama pembelajaran praktikum Pembangkit Tenaga Listrik tidak dapat dilaksanakan secara efektif pada materi yang berkaitan dengan ongridsystem. Hal tersebut dikarenakan trainer yang berkaitan dengan on grid system masih kurang lengkap sehingga perlu diadakan penambahan trainer yang berkaitan dengan ongridsystem untuk membantu terlaksananya pembelajaran matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik agar berjalan dengan baik. Berdasarkan uraian diatas maka pengambangan media pembelajaran berupa trainerinverter 1 fasa ini dilakukan. Trainerinverter 1 fasa ini menggunakan GeneralPurposeInverterController (GPIC) yang dapat di-interface-kan dengan komputer melalui so ftwareLabView sehingga memudahkan dalam pengontrolannya. Model pengembangan ADDIE digunakan dalam penelitian ini yang meliputi analisis desain pengembangan implementasi evaluasi. Menurut langkah-langkah pengembangan produk model ini dapat digunakan untuk berbagai macam bentuk pengembangan produk seperti model strategi pembelajaran metode pembelajaran media dan bahan ajar. Karena model pengembangan ini lebih mudah dalam pengembangannya. Pada setiap tahap nya peneliti dapat melakukan evaluasi formatif sehingga nantinya produk yang dihasil kan memiliki nilai validitas yang tinggi dan model ini tidak sampai ketahap desiminasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran tersebut apakah sudah baik dan layak untuk digunakan. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini berupa trainer dan jobsheetinverter 1 fasa menggunakan GPIC. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba yang sudah dilakukan diperoleh hasil persentase dari validasi ahli media 95 37% validasi ahli materi 95 00% dan uji coba kelompok kecil 90% uji coba kelompok besar 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa trainerinverter 1 fasa menggunakan GPIC berbasis LabView layak digunakan sebagai media pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47765

Actions (login required)

View Item View Item