Pengembangan trainer sel surya dengan rotasi dinamis berbasis mikrokontroler pada mata kuliah pembangkit tenaga listrik untuk mahasiswa Jurusan Teknik Elektro FT-UM / Adhi Bagus Pribadi

Pribadi, Adhi Bagus (2016) Pengembangan trainer sel surya dengan rotasi dinamis berbasis mikrokontroler pada mata kuliah pembangkit tenaga listrik untuk mahasiswa Jurusan Teknik Elektro FT-UM / Adhi Bagus Pribadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pribadi, Adhi Bagus. 2016. Pengembangan Trainer Sel Surya Dengan Rotasi Dinamis Berbasis Mikrokontroler pada Matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik untuk Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro FT-UM. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T.;(2) Yuni Rachmawati, S.T., M.T. Kata Kunci: Jurusan Teknik Elektro FT-UM, Sel Surya, Trainer, Pembangkit Tenaga Listrik. Sel SuryaSel surya atau biasa disebut juga sel fotovoltaik merupakan suatu P-N junction dari silikon kristal tunggal. Dengan menggunakan photo-electric effect dari bahan semikonduktor sehingga dapat mengumpulkan radiasi surya dan mengkonversinya menjadi energi listrik. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Merancang trainer sel surya dengan rotasi dinamis berbasis mikrokontroler untuk menunjang mata kuliah Pembangkit Tenaga Listrik (PTEL 644) di Jurusan Teknik Elektro FT UM. (2) Menyusun modul praktikum dan manual book trainer sel surya dengan rotasi dinamis berbasis mikrokontroler; (3) Menguji kelayakan trainer, modul praktikum, dan manual book trainer sel surya dengan rotasi dinamis berbasis mikrokontroler Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan sugiyono (2012: 298) yang telah disesuaikan dengan objek penelitian. Langkah-langkahnya adalah: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba kelompok kecil, (7) revisi produk, (8) uji coba kelompok besar, (9) produk akhir. Pengambilan data validasi pada pengembangan ini yaitu dengan kuesioner. Kuesioner yang digunakan terdiri dari tiga jenis berdasarkan responden, yaitu untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa. Hasil uji coba produk yang dilakukan pada 3 (tiga kelompok responden tersebut diperoleh hasil sebagai berikut: (1) ahli media menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan presentase 88,33%; (2) ahli materi menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan presentase 96,67%; (3) Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2012 menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan presentase 86,57% untuk uji coba kelompok kecil; (4) Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2013 menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan presentase 87,05% untuk uji coba kelompok besar. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47763

Actions (login required)

View Item View Item