Pengembangan media pembelajaran sistem cerdas pada metode ANFIS untuk pembelajaran di Jurusan Teknik Elektro UM / Nurus Sihab Aminudin

Aminudin, Nurus Sihab (2016) Pengembangan media pembelajaran sistem cerdas pada metode ANFIS untuk pembelajaran di Jurusan Teknik Elektro UM / Nurus Sihab Aminudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aminudin, Nurus S. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Cerdas pada Metode ANFIS untuk Pembelajaran di Jurusan Teknik Elektro UM. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T.,M.T. (2) M. Rodhi Faiz, S.T., M.T. Kata Kunci: media pembelajaran, sistem cerdas, ANFIS Sistem Cerdas merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 PTE (Pendidikan Teknik Elektro) dan S1 TE (Teknik Elektro) di Jurusan Teknik Elektro FT-UM. Pada mata kuliah ini, mahasiswa dituntut untuk memahami dan mempelajari tentang kecerdasan buatan dan aplikasinya. Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah tersebut, belum ada media pembelajaran yang membantu proses pembelajaran pada materi ANFIS. Hal ini berpengaruh kepada kemampuan mahasiswa untuk memahami materi tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, dibuatlah media pembelajaran untuk ANFIS. Media terdiri dari modul, simulasi dan jobsheet dapat membantu mahasiswa untuk memahami tentang materi ANFIS. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari langkah-langkah pengembangan ADDIE dengan melakukan sedikit modifikasi. Seluruh proses pengembangan terbagi dalam 5 langkah, yakni: (1) Analisis (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Hasil dari pengembangan media pembelajaran ANFIS yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh ahli materi diperoleh 86,29 %, ahli media diperoleh 92,18 %, uji coba kelompok kecil diperoleh 91,11 %, dan uji coba kelompok besar diperoleh 88,98 %. Hasil validasi, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar menyatakan bahwa bahan ajar berupa modul pembelajaran, simulasi dan jobsheet pada metode ANFIS secara keseluruhan layak, sehingga dapat digunakan sebagai media dalam membantu proses pembelajaran pada mata kuliah Sistem Cerdas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47762

Actions (login required)

View Item View Item