Hubungan antara pengetahuan pembelajaran dan pengetahuan keteknikan dengan kemampuan menyesuaikan diri mahasiswa calon guru dengan tugasnya di Jurusan Teknik Elektro Prodi S1 PTE Universitas Negeri Malang / Bagus Eka Krisna - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pengetahuan pembelajaran dan pengetahuan keteknikan dengan kemampuan menyesuaikan diri mahasiswa calon guru dengan tugasnya di Jurusan Teknik Elektro Prodi S1 PTE Universitas Negeri Malang / Bagus Eka Krisna

Krisna, Bagus Eka (2016) Hubungan antara pengetahuan pembelajaran dan pengetahuan keteknikan dengan kemampuan menyesuaikan diri mahasiswa calon guru dengan tugasnya di Jurusan Teknik Elektro Prodi S1 PTE Universitas Negeri Malang / Bagus Eka Krisna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Krisna Bagus Eka. 2016. Hubungan antara Pengetahuan Pembelajaran dan Pengetahuan Keteknikan dengan Kemampuan Menyesuaikan Diri Mahasiswa Calon Guru dengan Tugasnya di Jurusan Teknik elektro Prodi S1 PTE Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Setiadi C.P. M.Pd. M.T. (II) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci pengetahuan pengetahuan pembelajaran pengetahuan keteknikan kemampuan menyesuaikan diri calon guru terhadap tugasnya. Sekolah Menengah Kejuruan pada saat ini sangat mengikuti kemajuan baik dalam bidang teknologi maupun akademik. Oleh karena itu diperlukan guru-guru yang memiliki kemampuan dalam menyesuaikan diri yang baik. Pada Sekolah Pendidikan Kejuruan Keteknikan kemampuan menyesuaikan diri yang baik dipengaruhi oleh pengetahuan pembelajaran dan pengetahuan keteknikan. Dengan mengacu pada permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian Hubungan antara Pengetahuan Pembelajaran (X1) dan Pengetahuan Keteknikan (X2) dengan Kemampuan Menyesuaikan Diri Mahasiswa Calon Guru dengan Tugasnya (Y) . Tujuan penelitian ini untuk mengungkap (1) signifikansi hubungan antara X1 dengan Y (2) signifikansi hubungan antara X2 dengan Y dan (3) signifikansi hubungan antara X1 dan X2 dengan Y secara simultan. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional yang bersifat expost facto. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa PTE tahun angkatan 2012 Jurusan TE FT UM sejumlah 105 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi parsial untuk menguji adanya hubungan antara X1 dengan Y (X2 dikontrol) maupun X2 dengan Y (X1 dikontrol) dan analisis regresi linear berganda dua prediktor untuk mengetahui hubungan X12 dengan Y secara simultan. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan berbantuan program SPSS 16. Hasil penelitian (1) X1 berada dalam kategori sangat tinggi sebanyak 90 responden (84%) (2) X2 berada dalam kategori sangat tinggi sebanyak 67 responden (63 8%) (3) Y berada dalam kategori sangat tinggi sebanyak 46 responden (43 8%) (4) koefisien korelasi parsial r1y sebesar 0 466 (sig. 0 000 0 05) (5) koefisien korelasi parsial r2y sebesar 0 174 (sig. 0 078 0 05) dan (6) nilai regresi linear dua prediktor atau R12y sebesar 0 778 dan nilai Fhitung sebesar 78 428 (sig. 0 000 0 05). Kesimpulan dalam penelitian menunjukkan bahwa (1) pengetahuan pembelajaran dengan kategori sangat tinggi cenderung tinggi (2) nilai pengetahuan keteknikan berada dalam kriteria sangat tinggi cenderung tinggi (3) nilai kemampuan menyesuaikan diri berada dalam kategori sangat tinggi cenderung tinggi (4) terdapat hubungan positif sangat kuat dan signifikan antara X1 dengan Y dengan (5) terdapat hubungan positif sangat lemah dan tidak signifikan antara X2 dengan Y dan (6) terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y secara simultan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47761

Actions (login required)

View Item View Item