Pengembangan modul Programmable Logic Controller (PLC) berbasis masalah untuk siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Beji Kabupaten Pasuruan / Novi Lailatul M. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul Programmable Logic Controller (PLC) berbasis masalah untuk siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Beji Kabupaten Pasuruan / Novi Lailatul M.

Lailatul M., Novi (2016) Pengembangan modul Programmable Logic Controller (PLC) berbasis masalah untuk siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Beji Kabupaten Pasuruan / Novi Lailatul M. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lailatul Novi M. 2015. Pengembangan Modul Programmable Logic Controller (PLC) Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 1 Beji Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (2) Arif Nur Afandi S.T. M.T. MIAEng. MIEEE. Ph.D. Kata kunci pengembangan modul Programmable Logic Controller (PLC) masalah. Upaya meningkatkan kemampuan lulusan SMK yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja maupun masuk perguruan tinggi dibutuhkan pembelajaran yang baik salah satunya dengan menyediakan sumber belajar berupa bahan ajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMKN 1 Beji Kabupaten Pasuruan pada mata pelajaran PLC terdapat permasalahan bahwa kurang terstrukturnya bahan ajar mata pelajaran PLC. Untuk mengembangkan bahan ajar PLC peneliti mereview beberapa buku BSE di toko buku perpustakan maupun bahan ajar PLC digital tetapi hanya sebagian kecil yang memenuhi tuntutan kurikulum standar bahan ajar dan model pembelajaran yang cocok untuk mata pelajaran PLC. Dengan kata lain bahan ajar tersebut hanya memuat materi PLC secara umum dan belum mendukung model pembelajaran yang sesuai sehingga siswa kurang memahami saat proses pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan menguji kelayakan dan menguji efektivitas bahan ajar berbentuk modul pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PLC semester 1 Kelas XII program keahlian Teknik Elektronika Industri. Model pengembangan bahan ajar yang digunakan yaitu model pengembangan Borg and Gall. Model pengembangan Borg and Gall terdiri dari 10 tahapan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) uji lapangan permulaan (5) revisi terhadap produk utama (6) uji lapangan utama (7) revisi terhadap produk operasional (8) uji lapangan operasional (9) revisi terhadap produk akhir dan (10) revisi terhadap produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini adalah lembar hasil wawancara dan angket. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka didapatkan hasil persentase dari uji lapangan permulaan oleh ahli media 86.59% uji lapangan permulaan oleh ahli materi I 93.22% ahli materi II 90.25% uji lapangan utama 88.46% dan uji lapangan operasional 92.95% dengan interpretasi kelayakan sangat valid dari batas minimal persentase validitas 70 01%. Dari hasil implementasi semua siswa mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) sehingga dari analisis data dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PLC berbasis masalah layak digunakan sebagai bahan ajar siswa secara mandiri ataupun pembelajaran di SMK. Malang Mei 2016 Koordinator Skripsi Dr. Muladi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47752

Actions (login required)

View Item View Item