Perbedaan penerapan model cooperative learning tipe TPSQ dengan STAD terhadap hasil belajar teknik elektronika dasar kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Wawan Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan model cooperative learning tipe TPSQ dengan STAD terhadap hasil belajar teknik elektronika dasar kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Wawan Purwanto

Purwanto, Wawan (2016) Perbedaan penerapan model cooperative learning tipe TPSQ dengan STAD terhadap hasil belajar teknik elektronika dasar kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Wawan Purwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwanto Wawan. 2016. PerbedaanPenerapan Model Cooperative Learning tipe TPSQ dengan STAD terhadapHasilBelajarTeknikElektronikaDasarKelas X TeknikElektronikaIndustri di SMK Negeri 2 SingosariKabupaten Malang.Skripsi JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. HarySuswanto S.T. M.T. (II) Drs. PugerHonggowiyono M.T. Kata Kunci TPSQ STAD danHasilBelajar Berdasarkanobservasi di SMK Negeri 2 SingosariKabupaten Malang padapembelajaranTeknikElektronikaDasardiperolehhasilsebagaiberikut (1) guru masihmenggunakan model pembelajaran yang belummenerapkanstudent center (2) keaktifandankeseriusanpesertadidikmasihkurang (3) pesertadidikkurangmemahamimateripembelajaran dan (4) hasilbelajarbelummemuaskan. Berdasarkan data observasi dari 72 pesertadidikdalamduakelas dimanamasing-masingkelasterdiridari 36 pesertadidik hanya 16 6% pesertadidik yang aktifdanantusiasbertanyadalammengikutipembelajaran. Hal tersebutdikarenakan model pembelajaran yang belummenerapkanprinsipstudent center sehinggapesertadidikmenjadicepatbosan kurangaktif kurangantusiasdalambelajar kurangmemahamimateripembelajaran danmenyebabkanhasilbelajarpesertadidikpadaranahpengetahuan sikap danketerampilanmenjadikurangmemuaskan. Untukitu agar dapatmeningkatkanhasilbelajarpesertadidikdantercapainyatujuanpembelajaranpadamatapelajaranTeknikElektronikaDasarperludiadakanperbaikanpembelajarandenganmenggunakan model Cooperative Learningtipe TPSQdan STAD. PenelitianinibertujuanuntukmengetahuisignifikansiperbedaanhasilbelajarpadamatapelajaranTeknikElektronikaDasarantarapesertadidikpadakelasA yang dibelajarkanmenggunakan model Cooperative LearningtipeSTAD sedangkanpadakelas Bdibelajarkanmenggunakan model Cooperative LearningtipeTPSQ.Penelitianinimenggunakandesaineksperimensemu (quasi experimental design)denganpolanonequivalent posttest only design. Variabel yang akandiukuradalahhasilbelajarpesertadidikranahpengetahuan sikap keterampilandan juga membandingkanhasilbelajarantarakeduakelas. Analisis data yang digunakanuntukmengujihipotesisadalahuji-t. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajar yang signifikanpadaranahpengetahuan (sig. 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47748

Actions (login required)

View Item View Item